Sandi Uno: Oyes Permudah Distribusi Logistik Pedagang

Sandi Uno: Oyes Permudah Distribusi Logistik Pedagang
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno memperkenalkan aplikasi Oyes bersama Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin, perwakilan JakGrosir, Food Station dan instansi terkait di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara, 17 April 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / JAS Selasa, 17 April 2018 | 11:06 WIB

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno memperkenalkan aplikasi Oyes yang terintegrasi dengan JakGrosir di Pasar Koja Baru, Kecamatan Koja, Jakarta Utara pada Selasa (17/4) bersama PD Pasar Jaya.

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga Uno secara simbolis memberikan pesanan sejumlah bahan pangan kepada pedagang pasar Koja yang sudah melakukan pemesanan menggunakan aplikasi Oyess.

"Dengan adanya Oyes ini maka tidak boleh lagi ada distribusi bahan pokok yang tersendat di pasar tradisional. Karena fungsi dari Oyes ini sama seperti pasar induk dan saya minta JakGrosir dibuka di Jakarta Utara," ujar Sandiaga Uno di pasar Koja Baru

Ia juga meminta agar seluruh stakeholder terkait mulai dari PD Pasar Jaya, JakGrosir, Dharma Jaya, dan lainnya untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan 2018.

"Saat Ramadan layanan kepada masyarakat harus optimal. Kami serius agar harga kebutuhan pokok tidak ada yang bergejolak. Saya juga minta pihak perbankan memberikan bunga lunak untuk modal bagi para pedagang," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin menyebutkan Pasar Koja merupakan pasar percontohan di Jakarta Utara dimulai dari pengolahan limbah, pedagang kompak, dan minat pengunjung yang ramai.

"Dengan program Oyes ini, pergudangan bisa dimanfaatkan seluruh pedagang PD Pasar Jaya. Sudah ada 28.000 pedagang yang memiliki kartu, bagi yang belum memiliki silakan mendaftar ke kepala pasar masing-masing," kata Arief.

Keberadaan program Oyes khususnya bagi toko kelontong memiliki keuntungan karena mendapatkan pasokan dengan harga lebih murah di JakGrosir. PD Pasar Jaya akan membuat gudang di sejumlah wilayah sehingga pedagang tidak perlu memesan jauh ke pasar induk.

Dengan Oyes, pedagang dapat membeli berbagai kebutuhan barang dagangan secara online melalui smartphone dan langsung diantar ke tempat dari Jakgrosir atau Mini DC terdekat.

Sosialisasi dan penerapan Oyes sudah dilakukan di Pasar Mayestik, Pasar Jatinegara, Pasar Grogol, Pasar Tomang, Pasar Cijantung, Pasar Perumnas Klender dan Pasar Ujung Menteng dan ditargetkan 80.000 pedagang PD Pasar Jaya menggunakan aplikasi ini.



Sumber: Suara Pembaruan