PPSDM Kerja Sama dengan PLN Corporate University

PPSDM Kerja Sama dengan PLN Corporate University
GM PLN Corporate University, Wisnu Satrijono(kanan) dan Kapus PPSDMA Ir. Albertus Susetyo Edi Prabowo, M.Si. ( Foto: istimewa )
Euis Rita Hartati / ERH Selasa, 17 April 2018 | 21:19 WIB

Jakarta - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (PPSDMA), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melakukan kegiatan Sit In di PLN Corporate University. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan layanan pengembangan kompetensi SDM aparatur Kementerian ESDM.

PLN Corporate University menjadi pilihan karena berpengalaman menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta sertifikasi kompetensi personel dengan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), sehingga sertifikat kompetensi personel yang diterbitkan oleh LSP USER PLN diakui secara nasional dan/atau internasional. Benchmarking dilakukan selama dua hari yakni 17-18 April 2018 di PLN Corporate University Jakarta.

Kepala PPSDM Aparatur Albertus Susetyo Edi Prabowo menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pengembangan kompetensi SDM aparatur karena PLN Corporate University telah berpengalaman menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta sertifikasi kompetensi personil dengan lisensi dari BNSP dan akreditasi dari komite akreditasi nasional.

PLN Corporate University merupakan lembaga yang awalnya ditujuan untuk memberikan pelatihan pada pegawainya sendiri, namun saat ini telah bertransformasi memberikan pendidikan dan pelatihan kepada perusahaan diluar PLN serta pemerintah. Berangkat dari hal tersebut PPSDM Aparatur ingin belajar bagaimana pengelolaan manajemen PLN Corporate University.

Saat ini Key Perfomance Indikator (KPI) PLN Corporate University sudah bukan jumlah sertifikat, jumlah hari orang training, anggaran yang dihabiskan tetapi sejauhmana peningkatan kinerjanya, pengetahuannya, kebiasaan sebelum dan sesudah mengikuti training akan dievaluasi setelah enam bulan mengikuti training.

Transformasi menjadi corporate university bukan membangun universitas didalam koorporasi tetapi pembelajaran yang mengintegrasikan semua sumber daya pembelajaran mulai dari metodeloginya, materi, bisnis proses, orangnya yang ujungnya adalah kinerja korporat.

“The best metodology in learning is learning at place and action learning”kata Wisnu Satriono selaku GM PLN Pusdiklat.

PPSDMA Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tugasnya melaksanakan pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan kompetensi pegawai/aparatur di lingkungan Kementerian ESDM.

Dalam melaksanakan tugasnya PPSDM Aparatur terus melakukan terobosan, inovasi dan kreativitas untuk peningkatan kompetensi pegawai dilingkungan Kementerian ESDM.



Sumber: Investor Daily