Ratusan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengantre saat akan membuat pasport di kantor Imigrasi khusus TKI, Tangerang, Banten, Rabu (22/6).
Ke depan, pemerintah berharap rasio TKI Informal dapat semakin menurun dan digantikan oleh TKI formal.

Pemerintah mencatat rasio pengiriman TKI informal ke luar negeri dibandingkan TKI TKI formal kini sudah mencapai sekitar 55:45. Ke depan, pemerintah berharap rasio TKI Informal dapat semakin menurun dan digantikan oleh TKI formal.
 
Berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, pada 2011  jumlah TKI formal yang ditempatkan ke luar negeri mencapai angka 264.756  orang (45,56 persen), sedangkan jumlah TKI informal berjumlah 316.325 orang  (54,44 persen).
 
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar, mengatakan  pemerintah Indonesia menginginkan setiap tahun jumlah TKI di sektor rumah tangga semakin menurun guna semakin meningkatkan aspek  perlindungan TKI di luar negeri.

Menurut Muhaimin, pola dan  sistem penempatan TKI informal termasuk ke sejumlah negara  seperti  Malaysia dan Arab Saudi harus semakin diperbaiki.

"Apalagi secara umum pemerintah ingin menurunkan rasio pengiriman TKI informal ke luar negeri dan lebih mendorong TKI formal yang kini rasionya sudah mencapai sekitar 55:45," tandas Muhaimin di Jakarta, Selasa  (22/5).

Penulis: