Serapan Uang Tunai Lebaran di DIY Sudah Mencapai 89%

Serapan Uang Tunai Lebaran di DIY Sudah Mencapai 89%
Warga menunjukan uang di loket mobil kas keliling saat pembukaan layanan penukaran uang di Lapangan IRTI, Jakarta, 23 Mei 2018. Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan pihaknya menyiapkan uang tunai sebesar Rp 167 triliun untuk diedarkan saat Idul Fitri, Layanan penukaran uang pecahan guna kebutuhan Ramadan dan Lebaran tersebut tersedia hingga 25 Mei 2018.  ( Foto: BeritaSatu Photo / Joanito De Saojoao )
Fuska Sani Evani / FMB Kamis, 14 Juni 2018 | 10:08 WIB

Yogyakarta - Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY mencatat, serapan uang tunai selama libur Lebaran sudah mencapai 89 persen atau Rp 7,02 triliun dari sekitar Rp 7,9 triliun yang disediakan.

Tim Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Probo Sukesi mengatakan, seluruh unsur perbankan di wilayah kerja BI DIY menyelenggarakan layanan penukaran secara serentak di 66 loket bank sejak tanggal 14 Mei hingga 8 Juni 2018.

Pada periode yang sama penukaran uang juga dilakukan melalui layanan kegiatan kas keliling di 32 lokasi dengan menggunakan sembilan mobil kas keliling.

"Kegiatan penukaran ini juga sebagai wujud partisipasi BI DIY pada program 1.000 titik penukaran nasional," ujar Probo.

Untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan pada momen tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY telah menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 7,947 triliun.

Bila dibandingkan dengan kebutuhan uang tunai tahun lalu di angka Rp 7,5 triliun maka proyeksi kebutuhan saat momen Ramadan dan Lebaran tahun ini diproyeksikan meningkat sehingga BI DIY menyiapkan stok lebih banyak dibandingkan tahun lalu.



Sumber: Suara Pembaruan