Google Investasi US$ 550 Juta ke JD.com

Google Investasi US$ 550 Juta ke JD.com
Pengunjung mencoba belanja on line lewat JD.ID pada acara JD.ID Beauty Festival di Mall Kota Kasablanka di Jakarta, Rabu, 13 Oktober 2016. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal ( Foto: BeritaSatu Photo / mohammad defrizal )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Senin, 18 Juni 2018 | 15:03 WIB

Beijing - Raksasa internet Google hari ini mengatakan akan menginvestasikan US$ 550 juta untuk JD.com, perusahaan e-commerce terbesar kedua di Tiongkok setelah Alibaba.

Sebagai bagian dari kerja sama strategis, Google akan mendapatkan 27 juta lembar saham baru Class A yang dikeluarkan JD.com dengan harga per lembar US$ 20,29, atau kurang dari 1 persen saham JD.

Kedua perusahaan mengatakan akan bekerja sama membangun infrastruktur sektor ritel untuk meningkatkan pengalaman berbelanja. Dengan kata lain, JD.com menjadi kendaraan Google untuk ekspansi di sektor e-commerce, pada khususnya di Asia.

Sedangkan bagi JD.com, kerja sama dengan layanan belanja Google Shopping akan memperlebar jangkauan JD.com ke AS, Eropa, dan Asia Tenggara. JD.com menghadapi persaingan ketat dengan Alibaba di Tiongkok, sementara Google bersaing ketat dengan Amazon.com yang berkembang pesat di Amerika.

Investor JD.com termasuk perusahaan game dan media sosial Tencent Holdings Ltd dan Walmart Inc. Google juga sebelumnya dikabarkan menginvestasikan US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun di perusahaan transporasi online Go-Jek.

 

 



Sumber: Fox Business, Reuters
CLOSE