Petugas berjaga di meja pendaftaran pada hari pertama Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Kementerian Keuangan, Jakarta. FOTO ANTARA/Rosa Panggabean
Jadi, jangan lama-lama. Setelah fit and proper selesai, maksimal 2 hari kita sudah harus umumkan

Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam rapat internalnya memutuskan penentuan Ketua dan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) akan dilakukan dalam waktu hanya dua hari setelah fit and proper test. Diharapkan, pertengahan bulan depan, DPR akan mengumumkan ketua dan anggota OJK.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Achsanul Qosasih mengatakan, sebelum penentuan Ketua dan Anggota DK OJK, Komisi akan meminta pendapat terlebih dahulu dari berbagai kalangan melalui Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU).

“Misalnya Perhimpunan Bank-Bank Umum Nasional (Perbanas), Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara), Indonesian Corruption Watch (ICW), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan Badan Intelijen Nasional (BIN). Setelah itu, kami lakukan uji kelayakan dan kepantasan (fit and proper test),” kata Achsanul di Jakarta, kemarin.

Sesuai Undang-Undang (UU) OJK, prosesnya harus selesai dalam 1 bulan, sehingga diharapkan pada pertengahan Juni 2012 sudah selesai seluruhnya. Setelah fit and proper test tersebut, maksimal dalam dua hari, Komisi sudah harus mengumumkan nama Ketua dan Anggota DK OJK perdana.

“Jadi, jangan lama-lama. Setelah fit and proper selesai, maksimal 2 hari kita sudah harus umumkan,” imbuh dia.

Sedangkan untuk 14 nama yang sudah masuk akan dicari yang menurut DPR paling pantas. Sebab, kata Achsanul, seluruh 14 nama tersebut termasuk orang-orang yang kredibel. Namun, kredibilitas itu akan diuji berdasarkan sejumlah pertanyaan yang akan diajukan para Anggota Komisi XI.

“Tinggal nanti pertanyaan teman-teman seperti apa, itulah yang akan memberikan penilaian terhadap calon yang 14 itu,” ujar dia.

 


Penulis: /FEB