Apindo: Pengusaha Dukung Pemerintah Lakukan Penguatan Rupiah

Apindo: Pengusaha Dukung Pemerintah Lakukan Penguatan Rupiah
Hariyadi B Sukamdani. ( Foto: Antara )
Arnoldus Kristianus / DAS Jumat, 14 September 2018 | 19:43 WIB

Jakarta - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan pihaknya akan turut serta untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Dalam hal ini Apindo akan memulai dengan mengajak seluruh anggotanya untuk membawa kembali devisa hasil ekspor (DHE) yang dimiliki ke dalam negeri.

“Tapi komitmen kita jaga rupiah kita dukung rupiah atau hanya mengambang. Kita akan menjaga rupiah ini secara bersama sama. Saya yakin pengusaha di Indonesia akan menjaga dan mengupayakan ekonomi kita lebih baik,” ujar Hariyadi di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Jumat (14/9).

Hariyadi mengatakan, kalangan pengusaha akan berupaya untuk menjaga perekonomian. Namun untuk melakukan hal ini pihaknya tidak bisa bergerak sendiri. Perlu ada sinergi antara pengusaha, pemerintah dan Bank Indonesia.

“Kami minta dukungan pemerintah dan BI untuk sama-sama kita menciptakan suasana kondusif dan tentunya kebijakan yang bisa berpihak kepada peningkatan nilai tambah kepada peningkatan efisiensi ekonomi kita,” ucap Hariyadi.

Ia mengatakan, saat ini gejolak perekonomian dunia mulai terasa membuat suasana yang kurang nyaman bagi pengusaha. Hal ini terlihat dari pelemahan nilai tukar rupiah sampai tren proteksi dari negara tujuan ekspor Indonesia.

Hal ini perlu ada didiskusikan karena pemerintah merespons dengan kebijakan yang pada banyak sisi dirasa pengusaha kurang nyaman khususnya kebijakan fiskal, perpajakan, bea dan cukai. “Dalam pertemuan kami di kalangan pengusaha yang muncul adalah kekhawatiran pemerintah melakukan upaya-upaya yang cukup intensif dalam melakukan pemeriksaan,” ujar Hariyadi.



Sumber: Investor Daily
CLOSE