Kuasai Bisnis Kurir, Pangsa Pasar DHL Express Capai 55%

Kuasai Bisnis Kurir, Pangsa Pasar DHL Express Capai 55%
Logo DHL Express ( Foto: Istimewa )
Ridho Syukro / MPA Kamis, 11 Oktober 2018 | 19:56 WIB

JAKARTA- DHL Express yang merupakan salah satu penyedia layanan kurir/logistik terbesar di dunia semakin optimistis mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Untuk saat ini, DHL Express sudah menjadi market leader untuk bisnis kurir di Indonesia dengan market share mencapai 55%

Tidak hanya di Indonesia, DHL juga menjadi market leader di Asia Pasifik, sementara untuk di Amerika Utara, DHL belum menjadi market leader dan masih berada di posisi tiga besar.

Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia Ahmad Mohammad mengatakan potensi Indonesia sangat menjanjikan untuk bisnis logistik/kurir karena marketnya juga besar dengan jumlah penduduk 260 juta. Selain itu, aktivitas ekspor dan impor yang terjadi dalam perekonomian sangat mempengaruhi bisnis DHL.

Disamping itu, pertumbuhan e-commerce yang terjadi dalam 5 tahun terakhir ini sangat mendorong bisnis kurir dan berdampak langsung pada DHL. Semua pengiriman barang e-commerce pasti membutuhkan jasa kurir dan pengirimannya terus meningkat.

Bahkan DHL juga bekerjasama dengan asosiasi usaha kecil menengah di beberapa daerah dan membantu mereka untuk mengirimkan barangnya, contohnya di Bali, DHL bekerjasama dengan asosiasi kerajinan tangan dan menjadi partner kurir resmi.

" Kalau menurut saya, bisnis kurir atau logistik seperti DHL ini cukup membantu perekonomian Indonesia," ujar dia ketika berkunjung ke Beritasatu Media Holding, di Jakarta, Kamis (11/10).

Ia mengatakan jika dibandingkan DHL di negara lain, DHL Express Indonesia cukup hebat, dengan jumlah karyawan mencapai 1.500 orang dan 70% termasuk generasi milenial dan masih muda.

Generasi milenial merupakan generasi out of the box sehingga bisa memajukan DHL dengan ide gilanya. Ia menuturkan salah satu Head IT DHL asal Indonesia pernah dikirim ke Australia karena kemampuannya dan telah menetap disana.

" SDM di Indonesia termasuk diperhitungkan dan disorot dalam lingkaran bisnis DHL dunia," ujar dia.

Sebagai bentuk komitmen DHL Express untuk memajukan jasa kurir maka pihaknya sudah berinvestasi senilai 16 juta Euro untuk membangun Jakarta Distribution Center yang berlokasi di Soewarna Business Park, Cengkareng dan mulai beroperasi April 2019.

Jakarta Distribution Center (JDC) menjadi investasi terbesar DHL di Asia Pasific dan menjadi pusat ekspedisi terbesar. Investasi ini sudah mendapatkan dukungan dari Bea Cukai dan Angkasa Pura.

Cara kerja dari JDC adalah dari pesawat, barang langsung ditarik ke container dan langsung masuk gedung dan diproses. Sebelumnya, DHL Express juga telah meluncurkan fasilitas baru di daerah PuloGadung yaitu Service Center DHL Express dengan investasi mencapai 2,6 juta Euro.

Service Center DHL Express ini mempunyai fasilitas shipment drop off yang nyaman dan dilengkapi peralatan canggih seperti sistem konveyor bermotor dan sistem penimbang dan pengukuran ulang.

Ia mengatakan untuk pertumbuhan bisnis sendiri, setiap tahunnya pertumbuhan bisnis DHL tidak pernah mengecewakan dan tumbuh double digit. Untuk tahun ini, pihaknya juga menargetkan pertumbuhan bisnis double digit.

Ke depannya, DHL ingin berinvestasi jangka panjang dan berniat membangun cargo village seperti yang sudah ada di luar negeri.Untuk menuju ke arah sana, diperlukan kerja sama dengan pemerintah dan harus kuat koordinasinya.

Ia menjelaskan untuk armada pesawat, DHL di luar negeri sudah mempunyai pesawat sendiri, sedangkan untuk Indonesia, masih bekerjavsama dengan maskapai lain seperti Cathay Pasific.

Ia mengungkapkan dengan semakin membaiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia maka prospek bisnis DHL ke depannya juga semakin cerah." Potensi Indonesia yang luar biasa membuat kami semakin percaya diri untuk maju," ujar dia.



Sumber: Investor Daily
CLOSE