ITDC dan AIIB Tandatangani Pembiayaan Senilai US$ 248,4 Juta

ITDC dan AIIB Tandatangani Pembiayaan Senilai US$ 248,4 Juta
Signing Ceremony Indonesia Investment Forum, di sela acara Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia, di Nusa Dua, Bali, Kamis 11 Oktober 2018. ( Foto: Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 11 Oktober 2018 | 21:17 WIB

Nusa Dua - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) untuk pembiayaan proyek pembangunan infrastruktur pariwisata sebesar US$ 248,4 juta atau sekitar Rp 3,6 triliun (kurs Rp 14.500)

Penandatanganan LoI dilakukan oleh Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer, dan Director General Investment Operations AIIB, Yee Ean Pang, di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10).

Dalam LoI yang ditandatangani ini, AIIB siap mendukung pembiayaan infrastruktur pariwisata Mandalika. Pembiayaan kepada ITDC, merupakan pembiayaan pertama AIIB bagi kegiatan pembangunan infrastruktur pariwisata.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan AIIB dalam pengembangan The Mandalika. Hal ini menunjukkan kepercayaan terhadap ITDC dan prospek The Mandalika, juga kepercayaan masyarakat global kepada potensi ekonomi Indonesia, khususnya sektor pariwisata, di masa sekarang dan masa datang," kata Abdulbar, dalam siaran persnya yang diterima Beritasatu.com.

Abdulbar menerangkan, AIIB juga akan bekerja sama dengan ITDC untuk melakukan pengawasan dalam pengembangan The Mandalika sehingga dapat berjalan sesuai rencana menjadi destinasi pariwisata berstandar internasional.

Pengembangan The Mandalika sebagai sebuah kawasan pariwisata akan memberikan dampak sosial ekonomi yang signifikan serta mampu berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan dan kerja keras, kami optimistis pembangunan KEK Pariwisata Mandalika dapat segera terwujud sehingga target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019 yang dicanangkan Pemerintah dapat tercapai," ujar Abdulbar.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE