Asuransi Sinar Mas Bayar Klaim Rp 10,2 M Akibat Gempa Palu

Asuransi Sinar Mas Bayar Klaim Rp 10,2 M Akibat Gempa Palu
Situasi sebuah kampung di Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Sulawesi Tengah, yang nyaris rata dengan tanah akibat gempa bumi 28 Sept. 2018. ( Foto: Beritasatu / Farouk Arnaz )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Kamis, 18 Oktober 2018 | 12:12 WIB

Jakarta - PT Asuransi Sinar Mas melakukan pembayaran interim payment klaim kepada nasabah yang mengalami kerugian akibat gempa dan tsunami Palu, Sulawesi tengah (Sulteng) yang telah menimbulkan kerugian materiil dan korban jiwa.

"Perusahaan membayar interim payment sebesar Rp 10,275 miliar kepada nasabah PT Palu Graha Sejahtera. Pembayaran ini kami lakukan untuk membantu mempercepat pemulihan akibat gempa," ujar Direktur PT Asuransi Sinar Mas, Marten P Lalamentik, dalam keterangannya yang diterima redaksi, Kamis (18/10).

Sesuai komitmen, dia mengatakan, Asuransi Sinar Mas proaktif melakukan pendataan melalui telepon untuk mengetahui nasabah yang terkena dampak gempa dan mempercepat proses pembayaran klaim.

Sementara Direktur PT Palu Graha Sejahtera Trisna Ignatius mengatakan, dengan pembayaran klaim, diharapkan bisa meringankan beban perusahaan. "Banyak yang harus diperbaiki di mal kami akibat gempa. Kami berharap, ke depannya untuk pembayaran final payment juga bisa lebih cepat,” ujar dia.

Adapun nasabah lainnya Direktur PT Kali Besar Raya Utama (KBRU) Martinus Chandra mengapresiasi pembayaran klaim dari Sinar Mas. “Ini proses yang luar biasa yang kami rasakan sebagai broker. Pelayanan yang sangat baik yang kami rasakan saat ini,” ujar dia.

sinar mas

Hingga 16 Oktober 2018, Asuransi Sinar Mas telah menerima 39 laporan klaim akibat gempa Palu, terdiri klaim asuransi kebakaran dan klaim asuransi kendaraan bermotor. Total sum insured (nilai pertanggungan) atas polis asuransi kebakaran properti sebesar Rp 261,998 miliar dan US$ 100,1 juta. Sementara nilai pertanggungan asuransi kendaraan bemotor sebesar Rp 992,945 juta. Untuk nilai kerugian sendiri masih menunggu estimasi dari adjuster. Pelaporan klaim tertanggung/pemegang polis yang mengalami kerugian telah diarahkan sejak kejadian gempa dengan menghubungi 24 Hour Customer Care.

Gempa Palu ini juga menyebabkan operasional layanan Kantor Cabang Asuransi Sinar Mas Palu, Sulawesi Tengah sempat tidak berfungsi. Namun pada tanggal 8 Oktober 2018, layanan dibuka kembali dengan prioritas penanganan klaim nasabah yang mengalami kerugian.

Sejak gempa terjadi, perusahaan memonitor kondisi karyawan dan memberi bantuan berupa logistik, dan obat-obatan. Proses pengiriman bantuan menjadi tantangan tersendiri bagi tim rescue gabungan Sinar Mas Financial Service mengingat masih terbatasnya akses ke Palu. Total ada 95 karyawan dan keluarga Sinar Mas Financal Service yang berhasil dievakuasi oleh tim rescue.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE