Kalangan Peternak Kecil Potensial Diberdayakan

Kalangan Peternak Kecil Potensial Diberdayakan
ilustrasi peternakan ayam ( Foto: istimewa / Istimewa )
Carlos Roy Fajarta / FER Sabtu, 10 November 2018 | 19:15 WIB

Jakarta - Serikat Peternakan Rakyat Indonesia (SPRI) melihat prospek dari para peternak pemula dan kecil yang sedang merintis usahanya akan semakin berkembang pesat dengan iklim berusaha yang kondusif saat ini.

Sekretaris Jenderal SPRI, Arya Wishnuardi menyebutkan, banyak potensi peternakan yang saat ini semakin ditekuni oleh masyarakat, khususnya di daerah pedesaan yang semakin berkembang.

"Kita memerlukan payung hukum yang semakin berpihak bagi peternak kecil khususnya dalam hal menjaga stabilitas harga pakan dan menjaga agar harga ternak tidak jatuh di pasaran," ujar Arya, Sabtu (10/11).

Arya menyebutkan, upaya pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kemtan) untuk membantu para peternak dalam hal subsidi pasokan pakan, memberikan bibit unggul, serta pendampingan perlu semakin diperluas.

"Peternak kecil ini potensinya luar biasa. Data saat ini kita anggotanya 2.000 orang dan tahun depan akan tambah lagi dua kelompok ya sekitar 800.000 orang tahun depan," tambahnya.

Sebagai informasi peternakan yang kian berkembang saat ini yakni ayam potong, ayam petelur, ayam kampung, ikan lele, burung hias, bebek, kelinci, sapi, kambing, puyuh, lebah atau tawon madu.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE