Gedung mayora. FOTO:  M Defrizal/GLOBE ASIA
Pada tahun ini perseroan menganggarkan capex sekitar Rp750 miliar yang digunakan untuk meningkatkan kapasitas

Hingga kuartal I, PT Mayora Indah Tbk (MYOR) telah menggunakan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) 2012 sebesar Rp400 miliar.
 
Sebagai informasi, pada tahun ini perseroan menganggarkan capex sekitar Rp750 miliar yang digunakan untuk meningkatkan kapasitas.
 
"Kami sudah menggunakan sekitar Rp400 miliar untuk peningkatan kapasitas  divisi biskuit dan coklat," kata Direktur Utama MYOR, Andre Sukhendra  Atdmaja, dalam public expose di Tangerang, hari ini.
 
Andre mengatakan, secara overall peningkatan kapasitas sekitar 30 persen yang diperkirakan akan rampung pada akhir tahun ini.
 
Sementara, terkait permasalahan harga bahan baku yang sempat mengalami  peningkatan, menurut Direktur Keuangan MYOR, Hendrik Polisar, pihaknya  memang sempat dihadapkan pada keputusan untuk menaikan harga bahan jual  sekitar 3-5 persen.
 
Namun saat ini harga bahan baku mulai mengalami penurunan, bahkan harganya juga mengalami penurunan yang cukup cepat.
 
"Saat ini memang harga bahan baku mulai mengalami penurunan bahkan turun  cukup cepat. Kenaikan harga jual yang kami lakukan akhirnya berdampak pada kinerja keuangan yang positif," ujarnya.
 
Kinerja keuangan yang positif ini membuat perseroan memutuskan untuk membagikan deviden senilai total sekitar Rp94 miliar.
 
Menurut Hendrik, deviden pay out ratio sekitar 20 persen dari laba bersih perseroan tahun buku 2011 yang tercatat sebanyak Rp471 miliar.
 
"Pemegang saham akan mendapat deviden sekitar Rp130 per lembar saham," tuturnya.


Penulis: /FEB