Ilustrasi rupiah
Sembilan perusahaan asuransi nasional meraih predikat ‘Asuransi Terbaik 2012'

Majalah Investor, salah unit usaha Beritasatu Media Holdings kembali menggelar Investor Award The Best Insurances Companies 2012.

Sembilan perusahaan asuransi nasional meraih predikat ‘Asuransi Terbaik 2012' versi Majalah Investor, masing-masing empat asuransi jiwa, empat asuransi umum dan satu reasuransi. Satu asuransi umum dan satu asuransi jiwa meraih penghargaan khusus, dan satu perusahaan mempertahankan Star Award.

Menurut Pimpinan Redaksi Majalah Investor, Primus Dorimulu, isu besar dunia saat ini adalah Financial Inclusion. Krisis Eropa berdampak pada negara berkembang seperti Indonesia. Salah satu cara menangani dampak krisis tersebut adalah dengan Financial Inclusion.

"Bagaimana akses bagi masyarakat untuk meraih keuangan, perbankan maupun asuransi," katanya dalam acara Investor Award, The Best Insurance Companies 2012 di Jakarta, hari ini.

Seleksi Investor Award meliputi laporan keuangan audit 2011 yang dipublikasi, laporan keuangan 2011 tidak mendapat opini disclaimer, serta RBC minimal 120 persen.

Syarat lain adalah tidak dalam status PKU (pembatasan kegiatan usaha) oleh Kementerian Keuangan, tidak dalam kondisi khusus (run off, masa transisi), ekuitas minimal Rp50 miliar, aset asuransi umum tahun 2011 di atas Rp100 miliar, aset asuransi jiwa tahun 2010 di atas Rp1 triliun, serta tidak menderita rugi tahun 2011.

Sementara The Best Insurance Companies 2012 pada kelompok asuransi jiwa diberikan kepada PT Prudential Life Assurance  yang berhasil meraih posisi terbaik untuk kategori aset di atas Rp15 triliun.  Pada kategori aset antara Rp5 triliun- Rp15 triliun penghargaan diberikan kepada PT AXA Mandiri Financial Services.

Sementara itu, PT Panin Life berhasil meraih posisi terbaik pada kategori aset Rp3 triliun- Rp5 triliun, disusul PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha yang meraih posisi terbaik untuk kategori aset di atas Rp1 triliun - Rp3 triliun.

Pada kelompok asuransi umum PT Asuransi Sinarmas meraih penghargaan untuk kategori aset di atas Rp 3 triliun. Sedangkan PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk berhasil menjadi perusahaan asuransi terbaik untuk kategori aset Rp1 triliun- Rp3 triliun.

Posisi terbaik untuk kategori aset Rp500 miliar- Rp1 triliun diraih PT Asuransi Bangun Askrida, sedangkan PT Asuransi Umum Mega meraih posisi terbaik untuk kategori aset  antara Rp250 miliar- Rp500 miliar.

Sementara itu, pada kategori reasuransi, PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk kembali mempertahankan prestasi tahun lalu sebagai Reasuransi Terbaik. Kesembilan perusahaan asuransi terpilih sebagai perusahaan asuransi terbaik pada kelompoknya masing-masing, setelah melewati seleksi awal dan proses pemeringkatan versi Majalah Investor.

Investor juga memberikan penghargaan khusus, untuk asuransi jiwa berdasarkan pertumbuhan investasi tertinggi selama lima tahun kepada PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha, dan penghargaan khusus untuk asuransi umum berdasarkan pertumbuhan underwriting tertinggi  selama lima tahun kepada PT Asuransi Jaya Proteksi.

Tahun ini, Star Award kembali diberikan untuk PT Prudential Life Assurance sebagai  asuransi Jiwa yang berhasil mempertahankan posisi terbaik selama 10 tahun berturut-turut.

Penulis: