Pegadaian
Ini siklus seperti biasanya. Kebetulan liburan sekolah hampir bersamaan dengan puasa dan lebaran

Direktur Utama Pegadaian Suwhono mengungkapkan bahwa jumlah nasabahnya meningkat sekitar 20 persen menyusul adanya libur sekolah, menjelang puasa Ramadhan, serta Hari Raya Idul Fitri.

"Ini siklus seperti biasanya. Kebetulan liburan sekolah hampir bersamaan dengan puasa dan lebaran," ujar Suwhono di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, hari ini.

Ia mengungkapkan peningkatan nasabah Pegadaian di Makassar sudah mencapai 30 persen. Kenaikan ini dilatarbelakangi ketergantungan masyarakat Makassar dan Manado akan Pegadaian.

"Kan Makassar dan Manado itu pegadaian 'minded'. Tapi saya akan mengamati detail kenaikannya," paparnya.

Suwhono menambahkan, kebanyakan nasabah menggadaikan emas perhiasan dalam kadar 10 gram. Selanjutnya, nasabah tersebut mulai menebus perhiasannya usai lebaran.

Ia optimistis jumlah nasabah Pegadaian akan meningkat menjelang liburan akhir tahun.

Menyoal omzet pegadaian dalam enam bulan pertama 2012, ia memproyeksikan sudah mencapai 50 persen, dari target hingga akhir tahun sebesar Rp110 triliun. Hingga Mei 2012, omzet BUMN jasa ini sekitar Rp40 triliun.

"Ramainya karena ada liburan sekolah di mana biasanya masyarakat membutuhkan dana untuk keperluan tersebut," urainya.

Sepanjang tahun ini, Pegadaian menargetkan laba Rp2,2 triliun. Peningkatan laba ini didorong oleh pertumbuhan penyaluran pembiayaan baik konvensional maupun syariah.


Penulis: /FEB