Dollar AS
Carlos Slim (72) tetap di urutan teratas orang terkaya dunia versi Bloomberg dengan kekayaan US$74,1 miliar.

Orang-orang terkaya dunia versi Bloomberg pada pekan ini hanya meraih untung US$4,4 miliar (Rp44 triliun) setelah pada perdagangan kemarin bursa saham global melemah menghapus proyeksi keuntungan perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat (AS).

Orang terkaya Asia, Li Ka-Shing menduduki peringkat pertama dalam hal kenaikan untung terbesar pada pekan ini.     

Orang terkaya di Eropa asal Spanyol, Amancio Ortega harus rela kehilangan US$1,8 miliar setelah sahamnya Inditex SA, perusahaan ritel terbesar dunia turun 3,52 persen menyusul pernyataan PM Spanyol Mariano bahwa resesi ekonomi di negarar tersebut akan berlanjut hingga tahun depan. Dalam daftar miliarder Bloomberg, pria 76 tahun ini memiliki kekayaan US$40,5 miliar (Rp405 triliun).

Meski demikian, sejumlah miliarder mencatat untung pada pekan ini. Orang terkaya di Asia Li Ka-Shing adalah orang terkaya versi Bloomberg yang mencatat kenaikan untung terbesar pada minggu ini.

Kekayaan miliarder asal Hongkong ini bertambah US$975 setelah sahamnya di Cheung kong Holdings Ltd naik 6,36 persen. Li (83) peringkat 14 daftar versi Bloomberg tercatat memiliki kekayaan US$24,1 miliar.

Pendiri Google Inc Larry Page (39) dan Sergey Brin (38) masing-maisng memporoleh tambahan US$875 juta (Rp8,75 triliun). Pemilik perusahaan mesin pencari (search engine) paling popular di dunia ini menyatakan, pendapatan Google pada kuartal kedua 2012 melonjak 35 persen yang dikontribusikan atas akuisisi Motorola Mobility. Hal ini membuat saham Google menguat 5,95 persen. "Laba Google sangat bagus," kata Larry.

Bankir investasi, Pioneer Investment Management, John Carey dalam wawancara dengan keduanya menyatakan, perhatian investor di dunia masih tertuju pada krisis Eropa. "Namun resiko krisis tersebut diharapkan tidak terlalu signfikan di pasar saham AS," kata John yang perusahaannya mengelola dana hingga US$220 miliar ini

Bursa saham AS kemarin akhirnya melemah setelah dalam tiga hari perdagangan terakhir terus menunjukkan tren positif. Tergerusnya bursa di Wall Street akibat melemahnya Euro dan harga komoditas global setelah Menteri Anggaran Spanyol, Cristobal Montoro mengatakan, produk domestik bruto (GDP) Spanyol akan turun 0,5 persen pada 2013.

Sementara Carlos Slim (72) tetap di urutan teratas orang terkaya dunia versi Bloomberg dengan kekayaan US$74,1 miliar. Taipan telekomunikasi ini mencatat untung US$56,3 juta setelah saham America Movil SAB yang berbasis di Mexico City ini menguat 1,07 persen.

Menempel di bawah Slim adalah Bill Gates (56). Kekayaan pemilik Microsoft ini bertambah US$527 juta selama pekan ini setelah sahamnya naik 2,47 persen. Orang terkaya dunia ketiga Warren Buffet (81) mencatat kekayaan US$44,9 miliar. Secara tahun berjalan (year to date), kekayaan pemilik Berkshire Hathaway Inc ini bertambah US$2,2 miliar (5,1 persen).

Adapun Liliane Bettencourt (89) menambah pundi-pundinya sebesar US$862 juta setelah sahamnya L'Oreal SA yang berbasis di Perancis menguat 4,87 persen setelah Credit Suisse menaikkan peringkat saham kosmetik tersebut dari underperform menjadi netral. Menduduki peringkat 16 orang terkaya dunia, kekayaan Liliane tercatat US$22,7 miliar.

Adapun Ingvar Kamprad orang nomor diua terkaya di Eropa harus rela kehilangan US$303 juta pada pekan ini. Kekayaan pendiri IKEA furnitur ini tercatat US$36 miliar.       


Penulis: