Kawasaki Ninja 250R model 2013
Kawasaki Ninja 250R model 2013
Kawasaki Ninja 250R model 2013

Juga tersedia warna putih yang makin digemari pengguna motor jenis sports di Indonesia.

Kawasaki Motor telah merilis foto-foto salah satu produk terlaris mereka di pasar global, Ninja 250R, untuk model 2013 yang memiliki beberapa perubahan design penting.

Secara umum bentuk Ninja 250R ini seperti replika yang lebih ‘minimalis' dari kakak besarnya ZX10R.

Meskipun spesifikasi tehnis dan harga standar 250R belum diumumkan, perubahan design dan fitur baru yang ada bisa dilihat dari foto-foto yang telah dipublikasikan.

Mulai dari panel instrumen, versi terbaru ini dilengkapi tachometer (pengukur putaran mesin) analog, sementara speedometer (pengukur kecepatan), odometer (pengukur jarak jelajah) dan pengukur bahan bakar tercantum di satu layar digital. Model sebelumnya memakai tiga indikator analog.

Indikator ini terlindungi oleh wind shield (tudung angin) kecil yang menyatu dengan dudukan dua lampu sipit di depan dengan rancang bangun yang aerodinamis untuk mengiris angin.

Sayangnya design kaca spion agak konvensional dengan memakai gagang besi dan menggantung pada wind shield.

Kemudi memakai model setang jepit yang menekuk ke arah tanki, setelan yang umum dipakai untuk gaya mengendarai kecepatan tinggi.

Di setang kiri terdapat tombol-tombol lampu, termasuk lampu pass yang digunakan saat hendak mendahului atau memberi kode bagi kendaraan di depan. Setang kanan seperti umumnya motor sports berisi tombol start dan on/off engine.

Lampu sign kiri kanan dipasang manis pada sirip samping motor, yang di masing-masing sisi memiliki tiga lubang angin (diffuser) untuk membantu aerodinamika dan menyebarkan panas mesin.

Saluran pembuangan dari mesin tersalur lewat dua pipa krom berbentuk huruf S terbalik dan menyatu ke knalpot besar yang menjulang ke atas dengan moncong akhir berbentuk segi delapan berlapis krom, ditutup dengan pelapis anti panas tepat di bawah foot step penumpang belakang.

Tanki bahan bakar yang besar memiliki tiga lekukan di masing-masing sisi untuk menopang kaki dan siku, demi kenyamanan dan kestabilan posisi tubuh pengendara saat melaju kencang. Antara tanki dan sirip motor dipisahkan lis warna hitam yang cantik.

Di bagian buritan, baik yang berfungsi sebagai jok penumpang atau sandaran bokong, terdapat kompartemen kecil yang kalau pemisahnya dibuka, di bawahnya terdapat rongga yang lebih besar, cukup untuk menyimpan handphone, kaos tangan, masker dan benda-benda kecil lainnya.

Jangan harap menemukan ruang menyimpan helm di motor sports ini.

Di ujung buritan terdapat lampu rem berbentuk potongan intan dan di bawahnya lagi menjorok selebor belakang yang kaku dan maskulin untuk mata kucing, lampu sign belakang dan tempat plat nomor polisi.

Mesin ganda Ninja 250R berkapasitas 249cc dengan sistem kerja “electrofusion”, piston berlapis oxide, dan sistem pendinginan yang lebih sempurna dengan radiator di atas pipa pembuangan.

Sistem pembakaran memakai electric fuel injection untuk meningkatkan kinerja mesin dan mengurangi kadar emisi.

Rangka baja single-backbone telah ditingkatkan agar makin kaku namun diimbangi dengan sistem suspensi yang lebih empuk. Antara mesin dan rangka bodi diberi pelapis berbahan karet guna mengurangi getaran dari mesin.

Sebagai penjinak tenaga mesin, Ninja 250R dilengkapi dengan sistem pengereman bertehnologi anti-lock braking system (opsional).

Dan yang paling menarik, model terbaru 250R tampil dalam tujuh pilihan warna. Selain warna hijau jeruk limau yang khas Ninja itu, 250R juga menyediakan warna putih (pearl stardust white) yang makin digemari penggemar otomotif di Indonesia.

Lalu ada warna passion red, ebony (hitam) dan metallic moondust grey, dan untuk special edition adalah kombinasi dari pilihan warna-warna tersebut.

Penulis: