Menteri Perdagangan Gita Wirjawan (kanan) berbincang dengan seorang pedagang daging saat melakukan kunjungan di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Rabu (1/8)). Kunjungan tersebut untuk memantau harga dan pasokan kebutuhan pokok di pasaran pada bulan Ramadhan hingga lebaran
Pasokan daging hingga Lebaran akan terpenuhi

Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengatakan, harga bahan makanan pokok dua pekan menjelang Idul Fitri relatif stabil dan cenderung menurun.

Harga kebutuhan makanan pokok, seperti gula pasir, daging sapi, daging ayam, telur, cabai, dan bawang merah mengalami penurunan.

Sedangkan harga beras dan kedelai sedikit naik.

“Pergerakan harga masih di batas wajar dan relatif stabil,” kata Gita di Jakarta.

Dia juga menjamin, pasokan bahan- bahan pokok tersebut mencukupi untuk sepanjang puasa dan saat Lebaran, kecuali stok kedelai yang pas-pasan.

Kurangnya pasokan kedelai dari produsen di dalam negeri dan anomali cuaca, yang terjadi di negara mitra penghasil kedelai, mengakibatkan ketersediaan produk pangan ini sangat terbatas.

Berdasarkan data Direktorat Bahan Pokok dan Barang Strategis Kementerian Perdagangan, penurunan harga terjadi pada sebagian besar bahan-bahan kebutuhan makanan pokok.

Penurunan harga terbesar terjadi pada cabai merah, daging sapi, daging ayam, dan bawang merah sejak awal puasa 20 Juli 2012 hingga 2 Agustus 2012.

Harga cabai merah turun 15 persen dari Rp 27.462 per kilogram (kg) pada 20 Juli 2012 menjadi Rp 23.166 per kg.

Harga bawang merah juga melemah delapan persen dari Rp 14.969 per kg menjadi Rp 13.686 per kg.

Penurunan harga juga terjadi pada daging ayam, yakni sebesar enam persen dari Rp 28.846 per kg menjadi Rp 27.100 per kg.

Harga daging sapi melemah dari Rp 80.314 per kg pada 20 Juli 2012 menjadi Rp 78.237 per kg.

Gita menjanjikan pasokan daging hingga Lebaran akan terpenuhi, karena pemerintah telah memutuskan impor 7.000 ton daging sapi.

“Harga daging saya rasa tidak akan terus melonjak karena kami akan terus memantau dan pasokannya sejauh ini masih mencukupi,” tutur dia.

Menurut dia, alokasi impor 7.000 ton daging sapi kepada asosiasi sudah dilakukan.

Hingga kemarin, impor sudah masuk, namun masih menunggu pemeriksaan Balai Karantina untuk memutuskan kelayakannya untuk dikonsumsi.

Sementara itu, harga beras naik meskipun relatif sedikit, yakni dari Rp 7.973 per kg menjadi Rp 8.009 per kg.

Kenaikan cukup besar justru terjadi pada harga kedelai dalam negeri, menjadi Rp 9.678 per kg dibandingkan awal puasa masih Rp 9.059 per kg.

Penulis: