Menteri Keuangan Agus Martowardojo.
Kami yakin mencapai level tersebut. Target pertumbuhan di level 6,8 sampai 7,2 persen, melihat kondisi ekonomi dunia yang kondisinya terus membaik
 

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2013 di level 6,8 sampai 7,2 persen.
 
Agus mengatakan, optimisme tersebut didasarkan pada pertimbangan kondisi  perekonomi dunia saat ini yang beranjak membaik sehingga dampaknya juga dirasakan oleh Indonesia.

"Kami yakin mencapai level tersebut. Target pertumbuhan di level 6,8 sampai 7,2 persen, melihat kondisi ekonomi dunia yang kondisinya terus membaik" katanya di Jakarta, hari ini.
 
Meski begitu, Agus lebih condong pada batas bawah dari target pertumbuhan tersebut.

Agus menambahkan, ini bukan soal percaya diri atau tidak, namun pada saat pembicaraan dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah disepakati di angka tersebut.
 
"Oleh karena itu kita harus mencari dan menetapkan di tingkat pertumbuhan ekonomi berapa Indonesia akan capai di 2013. ini merupakan suatu usulan dari pemerintah nanti poin berapa untuk kita melakukan pertumbuhan ekonomi dan kemudian bagaimana upaya kita untuk mencapai itu," ujarnya.
 
Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi triwulan II 2012 telah mencapai 6,4 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.
 
Konsentrasi pertumbuhan tetap terpusat di Pulau Jawa dengan angka 57,5 persen. Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I-2012 lebih baik dibandingkan dengan semester I-2011 yang tumbuh sebesar 6,3 persen.


Penulis: /FEB