Presiden Direktur Konsultan Tonny Eddy and Associate Tonny Eddy , Vice Director Business Development PT Metropolitan Land (Metland) Rachmata Indrajaya, General Manager Corporate Communication Metland Wahyu Sulistio, General Manager Commercial and Businees Development Metland Deky Dwi Sartono melihat maket Hotel Horison Seminyak, Bali saat peluncurannya di Jakarta.
"Besarnya minat masyarakat terhadap keberadaan hotel bertarif murah yang sudah ada yaitu HOM Hotel Tambun, membuat kami merencanakan pembangunan hotel serupa di daerah lain."

PT Metropolitan Land Tbk berencana menambah dua hotel bertarif murah atau "budget hotel" di Cirebon dan Tasikmalaya, Jawa Barat, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Besarnya minat masyarakat terhadap keberadaan hotel bertarif murah yang sudah ada yaitu HOM Hotel Tambun, membuat kami merencanakan pembangunan hotel serupa di daerah lain," ujar Presiden Direktur PT Metropolitan Land (Metland), Nanda Widya di Bekasi, Sabtu (25/8).

Menurut dia, Cirebon dan Tasikmalaya dipilih sebagai lokasi pendirian dua "budget hotel" baru tersebut setelah sebelumnya perusahaan itu mengoperasikan hotel bertarif murah HOM Hotel di Jalan Sultan Hasanuddin Tambun Kabupaten Bekasi.

Pemilihan dua lokasi tersebut dilatarbelakangi oleh masih tingginya potensi pasar yang bisa digarap di kedua daerah. Di kedua daerah tersebut belum berkembang bisnis serupa.

"Tidak seperti di kota besar atau wilayah pinggiran Jakarta yang pelaku bisnis "budget hotel"-nya sudah banyak. Latahnya pengembang untuk mendirikan "budget hotel" di tempat yang sama hanya akan membuat persaingan tidak lagi kompetitif," kata Nanda.

Ia menyebutkan, investasi mendirikan "budget hotel" cukup menggiurkan sehingga banyak pengembang tergoda untuk terlibat. Modal yang ditanamkan dapat kembali dalam waktu lebih cepat daripada menanamkan investasi pada hotel bintang lima atau enam.

"Tarifnya yang murah dengan pelayanan yang lebih baik daripada hotel bintang satu atau dua membuat "budget hotel" banyak diminati. Maka dari itu, investasi bisa kembali dalam waktu lebih cepat," kata Nanda.

Untuk "budget hotel" di Cirebon, Metland menyiapkan investasi sebesar Rp35 miliar di mana Rp10 miliar diantaranya untuk pembelian tanah di lokasi strategis, yakni di Jalan Siliwangi, tepat di depan Stasiun Cirebon.

Sementara Rp25 miliar sisanya untuk pendirian konstruksi hotel. Dengan berdiri di atas lahan sekitar 1.000 meter persegi, "budget hotel" Cirebon akan disiapkan memiliki sedikitnya 80 kamar.

Penulis: