Ilustrasi aki
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi aki (accumulator/accu) yang sudah lemah.
 
Aki merupakan komponen penting pada kendaraan anda. Anda harus selalu memastikan bahwa aki sudah berfungsi dengan baik. Banyak orang yang mengalami masalah karena aki mereka mati atau soak.

Anda tidak perlu buru-buru membawanya ke bengkel karena ada cara yang lebih mudah untuk mengecek atau memeriksa aki terlebih dahulu di rumah.

Berikut ini adalah cara yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki dan mengatasi aki soak yang bisa diterapkan pada mobil ataupun motor Anda.

1. Anda bisa menyediakan lebih dahulu air yang sedikit panas atau hangat. Kemudian, Anda bisa membuka penutup aki. Buanglah semua air yang berada di dalam aki.

Tapi ingat, lakukan proses ini dengan hati-hati, karena air aki sangat keras bagi kulit. Oleh karena itu, pastikan jika kulit anda tidak terkena cairan aki.
 
2. Setelah isinya kosong, Anda bisa memasukkan air hangat tersebut ke dalam tempat aki. Isikan setengah air hangat saja dan tidak perlu terlalu banyak. Lalu tutup kembali tempat aki tersebut dan kembalikan ke kondisi semula.

3. Pastikan Anda telah menutup aki dengan rapat-rapat. Kocokkan aki hingga semua air yang ada dalam tempat aki tersebut berwarna hitam. 

Tujuan dari pengocokan air hangat dalam tempat aki ini adalah untuk membuang sisa-sisa reaksi yang ada didalam tempat aki. Selain itu pengocokan akan membersihkan sisa reaksi yang menempel di bagian dasar.

Ini juga bisa berguna untuk menghidupkan kembali aki yang yang sedang mati suri.

4. Jika air dalam aki sudah berubah warna, Anda bisa membuang air hitam pekat tersebut terlebih dahulu. Ulangi langkah ketiga tadi hingga air dalam aki tersebut tidak lagi berwarna hitam atau aki tanpa endapan.

5. Jika sudah tidak ada lagi air keruh atau hitam dari dalam aki, Anda bisa memasukkan air aki jenis Zuur ke dalam aki. Anda bisa memasang aki tersebut kembali atau dilakukan di tempat yang terpisah.

Ingat setelah melakukan langkah-langkah tadi, Anda tidak diperbolehkan menstater motor atau kendaraan anda terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu agar arus listrik kembali terisi pada aki.

Anda tidak perlu lagi pergi ke bengkel jika aki anda sudah berfungsi kembali.

Cara tersebut diatas bisa menghemat lebih banyak uang yang digunakan untuk membayar penggantian aki. Banyak bengkel yang menyarankan untuk melakukan penggantian aki, padahal aki tersebut masih bisa digunakan. Ini tentu akan merugikan kita sebagai konsumen.

Apabila cara diatas tidak berhasil, maka Anda bisa membawanya ke bengkel untuk mendapatkan solusi terbaik mengenai aki.

Penulis:

Sumber:Toyota