Toyota RAV4
Toyota RAV4
Toyota RAV4
Terakhir kali pelopor crossover ini mengalami perombakan design adalah pada 2006.

Toyota akhirnya meluncurkan varian paling gres dari RAV4 Rabu kemarin di Amerika Serikat dengan tampilan eksterior yang sama sekali baru dan berbagai fitur kenyamanan dan keselamatan yang tidak ditemukan di model sebelumnya.

Toyota RAV4 adalah mobil jenis crossover pertama di dunia yang mulai diperkenalkan sejak 1995 namun karena jarang dilakukan perombakan, pasarnya di dunia mulai digerus oleh para pesaing seperti Honda CR-V dan Ford Escape.

Terakhir kali RAV4 mengalami perombakan design adalah pada 2006.

Di ajang Los Angeles Auto Show kemarin, RAV 4 benar-benar tampil beda dan akan memikat siapapun yang menyukai gabungan kelebihan sport utility vehicle (SUV) dengan kenyamanan pengendalian seperti sedan, atau singkatnya jenis crossover, dan wajah baru ini bersiap merebut kembali pimpinan di segmen khusus tersebut.

Dari segi penampilan, perubahan paling mencolok ada pada buritan, di mana RAV4 menggunakan pintu yang membuka ke atas, bukan ke samping seperti model lama. Karena itu tempat menyimpan ban cadangan tidak lagi di balik pintu belakang seperti yang ditemui di beberapa varian mobil ini, namun tersembunyi di bawah lantai kargo.

Pintu naik jauh lebih memudahkan ketika memasukkan barang di ruang parkir yang sempit.

RAV4 termasuk sangat terlambat dalam hal rancang bangun kombinasi pintu belakang dan ban cadangan yang demikian, karena hampir seluruh mobil crossover para pesaing sudah mengadopsi hal itu dari dulu.

Bodi keseluruhan tidak lagi kotak bersiku, namun tampil gagah berotot dengan lekuk-lekuk yang tajam.

Untuk versi yang dijual di Amerika Serikat, kompartemen sumber tenaga berisi mesin 2,5 liter, 4 silinder sama dengan yang lama, namun tenaga kuda berkurang dari 179 menjadi  176 demi memenuhi syarat batasan emisi yang ketat di negara itu.

Sistem transmisi otomatis enam kecepatan, bukan lagi sistem kuno empat kecepatan di model yang lama. Konsumsi bahan bakar minyak adalah 9,8 liter untuk menempuh jarak 100 km dalam kota dan 7,5 liter di jalan tol, diklaim lebih irit dari sebelumnya.

Kalau di versi lama ada pilihan konfigurasi tempat duduk tiga baris, maka sekarang hanya ada dua baris. Namun penumpang di baris kedua dijamin mendapat ruang yang lebih lega, salah satunya karena jok depan yang dibuat dari bahan yang lebih tipis.

Kamera belakang standar di semua model, sama seperti  CR-V.

RAV4 akan menjadi model pertama Toyota yang memiliki sistem untuk secara otomatis berpindah dari penggerak roda depan menjadi penggerak semua roda (all wheel drive) saat mobil sedang berakselerasi  atau mendeteksi ban selip.

Fitur ini berguna ketika sedang dalam kecepatan tinggi tiba-tiba selip di jalanan berpasir, belumpur atau di atas salju. Dengan sistem ini, tenaga akan terkunci dan kecepatan berada di bawah 40 km per jam serta semua roda bisa berfungsi.

Model yang tersedia hanya ada tiga: LE, XLE dan Limited. Semuanya memiliki perangkat navigasi, kamera belakang, layar infotainment 6,1 inci dan smartphone integration untuk bisa mengoperasikan ponsel tanpa dipegang.

Sistem komunikasi Entune yang menjadi paten Toyota sifatnya opsional. Perangkat keselamatan termasuk delapan airbag, sensor blind spot (untuk mendeteksi kendaraan yang tak terlihat di spion ketika hendak menyalip) dan sensor pindah jalur (akan berbunyi jika kondisi tidak memungkinkan bagi pengendara untuk berganti jalur tiba-tiba).

Namun tidak dijelaskan apakah fitur keselamatan ini tersedia di semua model.

Penulis: