Penjualan bawang merah di pasar tradisional.
Kenaikan harga juga dipicu tingginya ongkos pengiriman barang.

Perayaan Hari Raya Natal masih 22 hari  lagi, namun harga kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) mulai merangkak naik. 

Dari pantauan Suara Pembaruan, Senin (3/12) pagi  di Pasar Youtefa, Abepura, sejumlah sembako yang mengalami kenaikan harga adalah cabai biasa cabai  keriting, bawang merah dan bawang putih.

Harga cabai keriting naik menjadi Rp40.000 per kilogram (kg) dari harga sebelumnya Rp38.000 per kg, cabai biasa naik menjadi Rp45.000 per kg dari sebelumnya Rp40.000 per kg.

Sedangkan bawang merah naik menjadi Rp45.000 per kg dari harga sebelumnya Rp40.000 kg, adapun harga bawang putih naik menjadi Rp50.000 per kg dari harga sebelumnya Rp45.000 kg.

Salah seorang pedagang di Pasar Youtefa yang ditemui SP, Heru Nudin, menyatakan kenaikan harga cabai dan bawang dipicu mulai merangkaknya harga sejumlah sembako dari daerah asal sembako tersebut.

Kenaikan harga juga dipicu tingginya ongkos pengiriman barang. “Umumnya didatangkan dari luar Papua, ,” ujarnya.

Di samping itu, kenaikan harga juga terjadi menjelang hari Raya Natal. “Hal ini sebagaimana terjadi pada setiap perayaan hari keagamaan lainnya," ujarnya.

Terpisah penjual lain ibu Marina Mawa mengatakan kemungkinan harga akan naik lagi bila hari Natal dan Tahun Baru semakin dekat.


Penulis: