Pasar modal mempunyai dua fungsi yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan.

Beritasatu.com
kembali akan menampilkan konsultasi investasi pasar keuangan dan pasar modal. Kolom ini akan menjembatani dan mengakomodir para pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai saham, reksa dana, obligasi atau instrumen investasi lainnya.

Setelah pada konsultasi sebelumnya, Emco Asset Management membahas soal time horizon investasi, kali ini kami lanjutkan dengan pembahasan kendaraan investasi. Salah satu kendaraan mencapai tujuan investasi adalah pasar modal (capital market).
 
Apa yang dimaksud dengan pasar modal?
Dalam bahasa sederhanya, bila di pasar tradisional, pembeli dan penjual memperdangangkan kebutuhan sehari-hari seperti sayur, buah, daging, dan kebutuhan rumah tangga lainnya, maka di pasar modal barang yang diperdangangkan adalah kebutuhan modal perusahaan.

Itu makanya disebut pasar modal, karena tempat mempertemukan perusahaan yang memerlukan dana dengan investor yang memiliki kelebihan dana.

Dalam bahasa yang lebih teknis, pasar modal (capital market) merupakan tempat atau wadah bagi semua orang untuk berinvestasi pada instrumen keuangan jangka panjang. Barang yang diperjualbelikan bisa berupa surat utang (obligasi), ekuitas (saham), dan instrumen derivatif.

Menurut dasar hukumnya, apa yang dimaksud dengan pasar modal?
Berdasarkan undang-undang No 8 tahun 1995, pasar modal didefinisikan sebagai kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkan, serta lembanga dan profesi yang berkaitan dengan Efek

Fungsi pasar modal apa saja?
Pasar modal mempunyai dua fungsi yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan. Fungsi ekonomi berperan sebagai tempat yang mempertemukan dua kepentingan yaitu pihak investor yang punya kelebihan dana dan pihak perusahaan yang memerlukan dana.

Sedang fungsi keuangan, pasar modal merupakan tempat yang memberikan kesempatan memperoleh imbalan (return) yang sangat menarik bagi pemilik dana.

Apa manfaat pasar modal?
Manfaat pasar modal bagi perekonomian Indonesia sebenarnya sangat besar. Pasar modal merupakan sumber pembiayaan jangka panjang bagi dunia usaha/perusahaan yang memungkinkan alokasi modal secara optimal. Dibandingan perbankan, pasar modal merupakan tempat memperoleh tambahan modal yang relatif murah bagi perusahaan.

Bagi investor?
Bagi pelaku pasar, pasar modal merupakan tempat pilihan beragam produk investasi yang memungkinkan  melakukan diversifikasi bisnis.

Coba Anda sebutkan manfat pasar nodal bagi perekonomian Indonesia?
Pasar modal menyediakan leading indicator perkembangan perekonomian suatu negara. Peran lain adalah sebagai tempat pemerataan pendapatan bagi masyarakat, dimana masyarakat umum dapat menikmati investasi pada perusahaan terbaik dan mendapat bagian pada pendapatan perusahaan.

Di sisi lain, pasar modal juga mendorong keterbukaan dan profesionalisme sehingga menciptakan iklim berusaha dan investasi yang sehat serta mendorong manajemen profesional.

Beroperasinya pasar modal sekaligus menampung tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran dan sumber pendapatan yang menarik bagi masyarakat. Pasar modal juga sebagai kegiatan bisnis guna memperbesar pendapatan pemerintah dari pajak.

Instrument apa saja yang diperdagangkan di pasar modal?
Sebenarnya ada tiga jenis produk yang di perdangangkan di pasar modal.

Apa saja instrumen tersebut?
Pertama surat utang jangka panjang seperti obligasi, MTN (medium term note). instrumen ini merupakan pinjaman pemodal kepada perusahaan dalam jangka panjang. periode investasinya bisa tiga, lima, atau tujuh. Bahkan ada pula yang sampai 10 – 30 tahun.

Kedua, adalah surat penyertaan modal atau ekuitas seperti saham. Instrumen ini bisa dibilang penyertaan investor pada bisnis perusahaan. Nantinya investor bisa memilki sebagian perusahaan sesuai dengan jumlah yang dimiliki.

Ketiga adalah produk turunannya seperti right issue, warrant, future, option, dan produk turunan lainnya.


Hans Kwee, Direktur Emco Asset Management



Penulis: