Ilustrasi taksi
Penurunan suku bunga ini berlaku terhadap plafond pinjaman yang masih tersedia.

PT Express Transindo Utama Tbk (Express Group) menerima surat konfirmasi penurunan suku bunga pinjaman dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dari sebelumnya sebesar 10,00 persen menjadi 9,75 persen per tahun.

Penurunan suku bunga ini berlaku terhadap plafond pinjaman yang masih tersedia.

Corporate Secretary Express Group Merry Anggraini mengungkapkan, suku bunga yang ditawarkan oleh BCA adalah bersifat fix dengan metode perhitungan efektif sehingga perseroan dapat menghindari resiko fluktuasi suku bunga di masa depan.

“Penurunan suku bunga ini diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap performa keuangan dan tingkat keuntungan perseroan dengan berkurangnya rasio beban bunga terhadap pendapatan perseroan,” kata Merry dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/1).

Pada penawaran perdana (Initial public offering/IPO) awal November 2012 lalu disebutkan, dana IPO Express Group, sekitar 63 persen digunakan untuk pengembangan investasi baru taksi regular dan perangkat pendukung lainnya.

Selanjutnya, 20 persen digunakan untuk pembayaran pokok pinjaman ke Bank BCA dan pembayaran penalti untuk pelunasan utang yang dipercepat ke Bank BCA. Sementara sisanya sekitar 16 persen untuk mengakuisisi perusahaan sejenis, dan sisa 1 persen lainnya untuk modal kerja perseroan.

Perseroan memiliki 6.396 taksi reguler dengan operasi di wilayah Jadetabek, Surabaya, Semarang, dan Medan. Target hingga akhir 2012, perseroan membidik 8.000 unit taksi.

Penulis: