XL Axiata.
Dari 60% penduduk Indonesia yang bankable, masih minim yang tersentuh financial service

Jakarta
- Mulai Februari 2013, PT XL Axiata Tbk (XL) menyediakan fitur terbaru yakni layanan XL Tunai International Remittance setelah Juni 2012 menyediakan XL Tunai Domestik Remittance. Melalui layanan ini, pelanggan bisa menerima kiriman uang dari luar negeri, khususnya dari Malaysia dan Arab Saudi, serta 110 negara lainnya di dunia.

Direktur Teknologi, Konten dan News Business XL Dian Siswarini mengatakan, layanan XL ini disediakan guna membantu pemerintah agar masyarakat mendapatkan akses financial service. "Dari 60% penduduk Indonesia yang bankable, masih minim yang tersentuh financial service. Kita ingin banyak yang dapat mengakses financial service dan juga less cash society.

Pemerintah punya cita-cita seperti itu, karena mengurus uang cash tak mudah. Kita masuk mobile money untuk dua cita-cita tersebut," ujarnya dalam peluncuran XL Tunai International Remittance di Jakarta, Senin (3/2).

Dari XL Tunai International Remittance yang merupakan kerjasama XL dengan Western Union dan Celcom Axiata (Air Cash) ini, Yesie D Yosetia Senior GM Finance XL mengatakan, perseroan menargetkan pengguna XL Tunai yang saat ini baru berjumlah 250 ribu bisa melonjak menjadi 2 juta di akhir tahun ini.

Ditambahkannya, kontribusi digital service menurutnya akan berpengaruh pada pendapatan sekitar 5-7% di 2014 dan meningkat menjadi 20-25% di tahun 2015. "Fokus kami di tiga tahun pertama adalah perkembangan ekosistem dan mempersiapkan pelanggan. Jadi, menuai di 2015," imbuhnya.

Sebagai informasi, penerimaan uang dapat dilakukan kapan saja selama kartu XL penerima dalam masa aktif. Jika uang yang ditransfer sudah masuk, pelanggan akan mendapat notifikasi via SMS dan dapat langsung dicek dengan menghubungi *123*120# dari ponsel mereka. Diperlukan akun XL Tunai International Remittance untuk dapat menikmati layanan ini.

Sementara untuk proses pencairan dana, pelanggan bisa menyambangi XL Center di seluruh Indonesia serta dealer XL, agen XL Tunai, retail outlet XL terpilih (bertanda khusus), serta outlet Western Union terdekat.

Pengguna layanan ini juga dapat mencairkan dana di minimarket Alfamart yang sudah mencapai angka 7.100 toko. Caranya hanya dengan menunjukkan notifikasi Kode Penarikan kepada agen atau kasir yang diterima via SMS. Selain itu, pelanggan juga dapat menarik tunai di layanan antar uang yang ada di beberapa kota seperti Jakarta, Cirebon, Tegal, Indramayu, Sumenep, dan Jember petugas XL (Pak Tunai).
 
Untuk pengiriman uang, konversi mata uang dilakukan di agen pengirim di luar negeri dan XL menerima dalam rupiah di saldo XL Tunai. Penerima tidak dikenakan biaya. Namun, untuk menarik uang, pelanggan dikenai biaya Rp5 ribu bila penarikan di bawah Rp200 ribu dan Rp10 ribu bila di atas Rp200 ribu hingga maksimal Rp5 juta.

Penulis: /FEB