Ilustrasi Lombok, NTB.
Selama ini penerbangan ke Hong Kong menggunakan pesawat Cathay Pacific melalui Bandara Juanda Surabaya.

Sebagai tindak lanjut dari surat resmi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu, sebuah maskapai penerbangan asal Hong Kong tengah menjajaki penerbangan langsung ke Bandara Internasional Lombok.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika NTB Ridwan Syah mengatakan, pejabat pariwisata di Hong Kong dijadwalkan berkunjung ke Lombok pada bulan Maret mendatang untuk menjajaki kemungkinan penerbangan langsung dari Hong Kong ke Lombok dengan menggunakan pesawat Cathay Pacific.

"Dalam kunjungannya ke NTB, pejabat tersebut akan membawa 30 pengusaha biro perjalanan. Ini merupakan respons permintaan dari Pemerintah Provinsi NTB beberapa waktu lalu untuk membuka penerbangan langsung Lombok-Hong Kong ," katanya di Mataram, Selasa (5/2).

Ia mengatakan, kunjungan pejabat pariwisata Hong Kong tersebut untuk menjajaki kemungkinan membuka rute Lombok-Hong Kong guna memudahkan para wisatawan berkunjung ke NTB. Namun ini masih dalam penjajakan, karena itu akan dilakukan survei.

Menurut dia, selama ini penerbangan ke Hong Kong menggunakan pesawat Cathay Pacific melalui Bandara Juanda Surabaya, namun jika penumpangnya banyak bisa terbang langsung Lombok-Hong Kong, tidak perlu melalui Surabaya.

Juru bicara Pemprov NTB Tri Budiprayitno sebelumnya mengatakan, rencana kunjungan pejabat tinggi pariwisata Hong Kong itu dituangkan dalam surat resmi yang ditandatangani Wakil Direktur Kantor Perdagangan dan Ekonomi Hong Kong Joyce Chan yang ditujukan kepada Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi.

Rombongan dari Hong Kong itu akan dikoordinasikan Sekretaris Perdagangan dan Pembangunan Ekonomi Pemerintah Hong Kong Gregory So.

Dijadwalkan rombongan dari Hong Kong itu tiba di Jakarta pada 13 Maret 2013, dan keesokan harinya akan menggelar pertemuan dengan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto, dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Selanjutnya, menghadiri "Life Style Expo" yang diselenggarakan oleh Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (14/3) malam.

Kunjungan ke Pulau Lombok, NTB, diagendakan Jumat (15/3) siang, atau setelah pertemuan dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN Le Luong Munh, di Jakarta.

"Sesuai jadwal, kunjungan di Lombok, NTB, akan diawali pertemuan koordinasi dengan Gubernur NTB yang diagendakan pukul 17.00 WITA," ujar Tri.

Dijadwalkan, pada Sabtu (16/3), rombongan pejabat dan investor Hong Kong itu akan meninjau kawasan pariwisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, kemudian berkunjung ke objek wisata Gili (pulau kecil) Trawangan, Meno dan Air yang ramai dikunjungi wisatawan asing termasuk dari Hong Kong.

Menurut rencana rombongan akan bermalam di Gili Trawangan, sekaligus menggelar pertemuan silaturahmi dengan wisatawan Hong Kong yang tengah berwisata di NTB.

Penulis: