Ilustrasi Bursa Saham.

Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan, sebanyak tiga perusahaan akan melakukan penawaran umum saham perdana (Initial public offering/IPO) pada semester pertama tahun ini.

Ketiganya adalah PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM), PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ), dan PT Dharma Satya Nusantara (DSN).

"Calon emiten itu sudah bertemu dengan kami. Mereka rencananya pakai buku laporan keuangan Desember 2012 sebagai salah satu syarat pengajuan IPO, paling cepat listing semester satu ini," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI Hoesen di Jakarta, Jumat (8/3).

Hoesen mengatakan, otoritas pasar modal berharap calon emiten dapat melepas saham ke publik minimal 20 persen dari total saham yang disetor.

Di sisi lain, Hoesen mengatakan BEI menyambut baik rencana PT Apexindo Pratama Duta untuk mencatatkan kembali sahamnya (relisting) di BEI. "Mereka (Apexindo) sudah menyampaikan niatnya untuk 'relisting'. Kami terima secara terbuka," kata dia.

Namun, Hoesen belum dapat memaparkan skema apa yang akan dilakukan oleh Apexindo dalam relisting nanti.

Ada dua skema dalam "relisting", yakni pertama, Apexindo langsung mencatatkan kembali sahamnya. Kedua, Apexindo menambah jumlah saham ke publik. "Jadi, sejauh ini, relisting Apexindo tidak ada masalah. Tinggal lihat lagi dokumennya nanti," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Direktur Utama Apexindo Zainal Abidinsyah Siregar mengatakan bahwa pihaknya akan membahas aksi korporasi itu melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 18 Maret 2013.

Selain itu, dia menambahkan, Apexindo juga akan melakukan persetujuan perpanjangan investasi pada pihak terafiliasi, dan membahas perubahan susunan pengurus perseroan.

Penulis: Whisnu Bagus Prasetyo/WBP

Sumber:Antara