Ilustrasi kegiatan ekspor impor di pelabuhan

Jakarta - PT Usaha Eka Pramata Nusantara (UEPN), anak usaha PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III membentuk usaha patungan (join venture/JV) guna membangun pelabuhan terintergrasi di Gresik, Jawa Timur dalam rangka mendukung Jawa Integrated Industrial Port and Estate.

Investasi perusahaan patungan itu ditaksir sebesar Rp 7-8 triliun.

Direktur AKR Corporindo Suresh Vembu mengatakan, perseroan dan Pelindo III sepakat menamai perusahaan hasil JV itu sebagai PT Berkah Manyar Sejahtera (BMS) dan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS).

“Dana investasi berasal dari kas internal, proyek financing, dan pinjaman bank,” kata dia di Jakarta, Senin (8/4)

Dia menuturkan, BMS dan BKMS akan membangun pelabuhan terintergrasi di Gresik, Jawa Timur. Proyek itu akan dibuat dalam tiga fase berjangka waktu empat tahun.

“Perseroan membutuhkan luas total lahan sebesar 2,5 ribu hektare (ha). Saat ini, perseroan telah berhasil mengakuisisi 900 ha atau sekitar 36 persen dari total lahan,” ujar dia.

Dia menyatakan, proyek tersebut menawarkan konsep pelabuhan yang memadukan kawasan industri dengan pelabuhan sebagai jalur distribusi. Proyek itu juga akan didukung pembangunan infrastruktur seperti jalur kereta api dan jalan tol.

“Kami berkomitmen mendorong efisiensi logistik mengingat pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak sudah terlalu penuh,” imbuhnya.

Investor Daily

Penulis: C-01/WBP

Sumber:Investor Daily