Hashish sitaan di Spanyol.

Madrid – Kepolisian Spanyol telah menyita 52 ton hashish yang merupakan tangkapan terbesar di Eropa sejauh ini, dan menangkap tiga orang yang diduga anggota sindikat narkoba.

Narkoba itu ditemukan di sebuah gudang industri di Cordoba, disimpan dalam 1.700 paket yang masing-masing berbobot sekitar 30 kg, kata polisi setempat Senin ((6/5).

"Ini merupakan barang sitaan narkoba terbesar yang pernah terjadi di Spanyol, dan juga sebuah rekor di Eropa setelah ditemukannya 36 ton hashish dalam sebuah kapal berbendera Panama di Pelabuhan Marin, Spanyol, tahun 1996," bunyi pernyataan polisi.

Hashish merupakan produk lain tanaman ganja yang biasanya berbentuk padat seperti gula merah.

Penangkapan tiga tersangka dilakukan terpisah di Seville dan Huelva.

Lebih dari 30 polisi ambil bagian dalam operasi itu, yang dilakukan setelah seorang pria yang pergi ke gudang itu untuk mengembalikan forklift yang disewanya disergap oleh sekelompok pria bersenjata yang tengah menggeledah lokasi.

Korban mampu meloloskan diri dan menelpon polisi, yang kemudian menggeledah gudang itu dan menemukan hashish tersimpan dalam kotak-kotak kayu besar.

Spanyol menjadi salah satu gerbang peyelundupan narkoba ke Eropa karena kedekatan politik negara itu dengan bekas koloninya di Amerika Latin – yang menjadi wilayah utama produksi kokain – dan letaknya yang dekat Maroko, lokasi produksi utama hashish.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:AFP