Vincent Aubin dan Bruno Boileau, pasangan gay pertama yang menikah di Perancis

Montpellier, Perancis - Sepasang pria akan menjadi pengantin gay pertama di Prancis ketika mereka melangsungkan pernikahan mereka di Montpellier, Rabu (29/5) waktu setempat.

Mereka adalah Vincent Aubin dan Bruno Boileau. Mereka bertemu dalam sebuah forum online dan telah berpacaran selama enam tahun.

"Kami harap pernikahan ini akan selamanya. Kalaupun kandas di tengah jalan, setidaknya kami bercerai selayaknya pasangan (normal) lainnya," ujar Vincent.

Pernikahan mereka tadinya akan disiarkan di sebuah layar TV raksasa di alun-alun kota Montpellier, yang terkenal ramah dengan pasangan sesama jenis. Namun, kekhawatiran akan adanya aksi protes menentang pernikahan sesama jenis, memaksa panitia membatalkan rencana tersebut.

Alih-alih, pernikahan tersebut akan disiarkan di laman Dewan Kota secara langsung.

"Ini adalah saat yang mencemaskan bagi Victor dan Bruno. Akan ada orang-orang yang menentang pernikahan mereka dengan simbol-simbol kebencian," ujar Elodie Brun, koordinator Asosiasi Gay setempat.

Sebelumnya aksi protes di Paris Minggu lalu menentang pernikahan sesama jenis berakhir menjadi kekerasan. Seorang fotografer dipukuli oleh kelompok sayap kanan penentang pernikahan gay.

Menteri Dalam Negeri Perancis Manuel Valls berjanji akan melindungi pernikahan tersebut. Ia mengatakan bahwa ancaman homofobia akhir-akhir ini meruncing ke arah kebencian dan kekerasan sehingga kelompok homoseksual perlu lebih dilindungi.

Perancis baru-baru ini mengizinkan pernikahan sesama jenis meskipun mendapat tentangan dari kelompok sayap kanan. Perancis adalah negara ke-14 yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

Penulis: Faisal Maliki Baskoro/FMB

Sumber:Reuters