Paus Benediktus XVI

Vatikan - Paus Benediktus XVI memanjatkan doa publiknya yang terakhir di tengah ribuan orang di Alun-Alun St. Peter, kota Vatikan, Minggu (24/2).

Dan dalam kesempatan itu, Benediktus juga menjelaskan keputusannya untuk mundur.

"Terima kasih atas rasa kasih kalian," kata Paus saat dia muncul di jendela apartemennya yang menghadap alun-alun dan dipenuhi ribuan umat.

Seperti biasa, dia membuka doa Angelus dengan kotbah pendek. Benediktus berceramah tentang Transfigurasi Kristus, salah satu momen terpenting semasa hidup Yesus di dunia, ketika dia membawa tiga muridnya ke sebuah gunung. Ketika sedang berdoa, Yesus berubah menjadi penuh sinar dan cahaya.

Para peserta doa menyela ceramah Benediktus dengan tepuk tangan, ketika dia mengatakan bahwa Tuhan juga menginginkan dia melakukan hal yang sama.

“Tuhan memintaku naik ke puncak bukit, untuk sekali lagi menyerahkan diriku pada doa dan meditasi," kata Paus. "Tapi ini bukan berarti saya meninggalkan gereja."

Setelah doa-doa, Benediktus mengakhiri ceramah dengan kalimat: “Mari selalu mendekatkan diri pada doa.”

Menurut Vatikan, Rabu nanti Benediktus akan kembali muncul di depan publik, dan Kamis pagi akan berjumpa dan bertukar salam dengan para kardinal sebelum resmi mundur malam harinya.

Paus baru akan resmi mulai bekerja saat peringatan Paskah di Vatikan pada 31 Maret.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:CNN