Nico Rosberg (kanan) dan Lewis Hamilton

Monaco - Sirkuit jalanan di Monaco terkenal sangat sulit untuk manuver menyalip, sehingga pembalap di pole position paling berpeluang keluar sebagai juara.

Karena itu dua pembalap Mercedes Lewis Hamilton dan Nico Rosberg banyak disebut sebagai calon juara di balapan akhir pekan ini, mengingat mereka menguasai tiga pole position dari lima seri yang telah digelar.

Hamilton sendiri bertekad akan berusaha sekuat tenaga untuk meraih grid terdepan di babak kualifikasi dan memburu kemenangan pertama untuk timnya musim ini, dan untuk dia sendiri selama membela Mercedes.

"Jika anda bisa berada di baris terdepan di sini, anda punya peluang lebih besar untuk bisa tetap di depan dibandingkan apa yang kami lakukan di beberapa balapan terakhir," kata Hamilton.

Di Barcelona sebelum ini, dia start kedua namun finis nomor 12, dan di China merebut pole position namun harus puas finis ketiga.

"Tapi tetap akan sulit nantinya karena para pembalap musim lalu memaksakan diri hanya melakukan satu kali pit stop, dan mereka mungkin ingin menerapkan strategi yang sama sekarang, yang berarti melakukan 40 putaran (dengan ban yang sama) yang akan sangat sulit untuk mobil kami."

Hasil di Barcelona membuat Hamilton makin yakin dengan strategi merebut pole position.

"Bagiku ini seperti pilihan setelan balapan versus setelan satu putaran (kualifikasi), jadi aku akan bekerja keras akhir pekan ini untuk mendapatkan setelan satu putaran karena posisi (start) adalah segalanya di sini. Jika kami berada di baris terdepan, itu akan memberi peluang besar di balapan.”

“Musim 2007 aku di posisi dua dan tak mampu menyalip Fernando (Alonso), musim lalu tak ada yang bisa menyalip (Mark) Webber – jadi ini mirip gerbong kereta. Anda boleh membuat rangkaian kereta di sini."

Alonso juga menganggap Mercedes lebih berpeluang di Monaco menengok pada hasil kualifikasi mereka di tiga seri terakhir.

"Mercedes akan kuat di sini," kata Alonso. "Mereka telah merebut pole position di tiga grand prix terakhir jadi kami menduga mereka akan kembali kuat.”

"Kami tahu betapa sulitnya menyalip jadi kalau mereka di pole position, mereka menjadi unggulan."

Alonso dua kali juara di Monaco musim 2006 bersama Renault dan 2007 bersama McLaren, namun setelah itu dia tak pernah menang di sana.

"Monaco adalah balapan terpenting di kejuaraan ini. Aku bisa menjadi orang pertama yang juara di tiga tim berbeda di sini jadi itu motivasi bagus untukku," ujar pembalap Ferrari itu.

 

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:Autosport