Sebastian Vettel kuara di GP Belgia, 25 Agustus 2013.

Spa, Belgia - Sebastian Vettel menjuarai Grad Prix Belgia yang ditentukan oleh start yang hebat untuk menaklukkan pole sitter Lewis Hamilton di putaran pertama, Minggu (25/8).

Hasil di Sirkuit Spa adalah kemenangan ke-31 bagi pembalap Red Bull asal Jerman ini.

“Balapan yang fantastis dari awal hingga akhir, dan juga taktik yang tepat. Bisa menyalip Lewis di putaran pertama sangat membantu,” ujar Vettel dalam perayaan kemenangan di podium.

Namun suasana di podium cukup membingungkan karena penonton kadang bersiul mengejek, kadang berteriak mendukung.

“Apa yang terjadi? Suasana cukup membingungkan, penonton mencemooh, kemudian bersorak, kemudian mencemooh lagi,” kata Vettel kepada mantan pembalap F1 David Coulthard yang menjadi pewawancara di podium.

Hamilton harus puas finis ketiga untuk Mercedes setelah juga dilewati oleh pembalap Ferrari Fernando Alonso.

Podium kedua ini cukup luar biasa bagi Alonso yang start dari posisi sembilan dan tak pernah meraih hasil podium di Belgia sejak musim 2007.

Saat start dilakukan, Alonso langsung melejit ke posisi lima, dan segera setelah itu bisa menyalip Jenson Button dan Nico Rosberg. Usai pit stop pertama, dia sudah di belakang Hamilton yang kemudian sedikit melebar dan disalip.

“Setelah merebut posisi dua, balapan jaid membosankan karena (Vettel) jauh di depan dan di belakangku tidak ada ancaman,” ujar Alonso.

Rosberg finis keempat di belakang rekan setimnya, Hamilton, disusul Mark Webber dari tim Red Bull yang menaklukkan mobil McLaren Button di posisi enam.

Felipe Massa haruys berjuang keras mengatasi tekanan pembalap Lotus Romain Grosjean untuk mengamankan posisi tujuh bagi Ferrari.

Pembalap Force India Adrian Sutil beruntung bisa finis kesembilan setelah mobilnya bersenggolan dengan mobil Williams yang dikemudikan Pastor Maldonado beberapa lap menjelang finis. Namun buntut dari insiden itu Maldonado menabrak mobil Force India lainnya yang dibawa Paul di Resta sehingga gagal menyelesaikan lomba.

Daniel Ricciardo dari tim Toro Rosso menjadi pembalap terakhir yang bisa meraih poin dengan finis ke-10.

Nasib sial dialami pembalap veteran tim Lotus, Kimi Raikkonen, yang gagal menyelesaikan lomba akibat masalah rem dan untuk pertama kalinya musim ini gagal mendulang poin.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:Star Sports TV