Maket sirkuit Grand Prix of America
Sirkuit pinggir sungai, melintasi 3 kota, dengan latar belakang gedung-gedung pencakar langit NY City.

Juara dunia Formula 1 Sebastian Vettel dijadwalkan akan melakukan putaran perdana di sirkuit jalanan New Jersey, Senin (11/6) pekan depan.

Sirkuit yang akan menyaingi Monaco itu akan melakukan debutnya sebagai tuan rumah ajang balap jet darat ini bulan Juni tahun depan, bertajuk Grand Prix of America.

Agar dibedakan, musim ini Amerika Serikat juga akan menggelar balapan F1 dengan nama United States Grand Prix, yang berlokasi di Sirkuit Austin, Texas, tepatnya tanggal 18 November.

Vettel diundang untuk bertemu promotor balapan Leo Hindery, walikota Weehawken, Richard Turner, dan walikota New York Barat, Felix Roque, demikian dilaporkan SpeedTV.com.

Sirkuit sepanjang 5,2 km itu dibangun di jalanan yang melintasi Port Imperial, Weehawken dan New York Barat, di sepanjang Sungai Hudson dengan latar belakang gedung-gedung pencakar langit di New York City.

Grand Prix of America telah mengikat kontrak selama 10 tahun untuk balapan F1.

Balapan yang berlangsung di sana tidak akan menerima subsidi dari pemda dan pemerintah negara bagian namun diharapkan bisa menyedot jutaan dolar dari belanja pengunjung di New Jersey dan New York setiap tahunnya.

Lebih dari 100.000 pengunjung diharapkan akan menghadiri balapan yang akan berjalan tiga hari dari sesi latihan, kualifikasi hingga balapan. Namun tanggal pasti balapan 2013 belum keluar.

Sementara itu, media Inggris The Telegraph melaporkan kalau debut Grand Prix of America belum dapat dipastikan, karena bos Formula 1, Bernie Ecclestone sendiri masih ragu-ragu.

"Saya tak tahu kalau ini akan terlaksana. Saya harap semuanya akan lancar. Mereka (promotor balapan) sedang memilah-milah dana. Jika mereka siap pada 2013, kami akan memakainya," kata Ecclestone.

Pria berumur 81 tahun itu mengatakan kalau balapan di New York merupakan mimpinya, namun dia juga memastikan penyelenggara balapan terlambat membayar uang mukanya.

“Kami menunggu bab lain dalam kontrak untuk disetujui,” katanya lagi.

Seorang juru bicara sirkuit dikutip mengatakan kalau rencana untuk tahun depan tetap jalan terus.

"Kami tak bisa mengomentari kontrak kami atau detailnya dengan Formula 1. Kami tetap on track untuk balapan Juni 2013, sementara semua masalah tehnis dan pembangunan berjalan persis sesuai jadwal, tim manajemen yang hebat telah berada di posisinya, dan melibatkan dukungan dari New Jersey, New York City dan masyarakat lokal,” kata juru bicara itu.

"Kami sangat yakin Grand Prix of America tahun 2013 akan menjadi ajang yang hebat."

Penulis:

Sumber:Speed TV & The Telegraph