Ilustrasi makan cokelat.

Cokelat Bikin Awet Muda

Ilustrasi makan cokelat. (freedigitalphotos/Grame W)

Harus tetap diimbangi dengan makanan sehat lainnya, mengingat cokelat terkait dengan  kalori dan lemak jenuh.

Mengonsumsi makanan berbahan cokelat ternyata bisa memperlambat proses penuaan.

Demikian yang dikemukakan para ilmuwan Inggris, baru-baru ini.

Para ilmuwan dari Lycotec, sebuah perusahaan bioteknologi di Inggris, telah memodifikasi cokelat dengan Coco-Lycosome, sebuah kandungan yang mereka kembangkan untuk mendorong kekuatan flavanol cokelat hingga 20 kali dibandingkan dengan cokelat biasa atau cokelat yang tidak dimodifikasi.

Flavanol, kata para ilmuwan, merupakan molekul yang terkandung dalam cokelat. Molekul ini mampu meningkatkan oksigenasi kulit, yang merupakan faktor penting dalam memperlambat proses penuaan.

Sebuah potongan kecil dari cokelat yang dimodifikasi, lanjut para ilmuwan, memiliki anti-penuaan yang manfaatnya sama seperti dua batang Cadbury Dairy Milk. Mereka berharap, modifikasi yang dilakukannya itu bisa mengubah coklat menjadi obat ajaib anti penuaan.

Namun ahli gizi  masih ingin melihat lebih banyak bukti mengenai manfaat cokelat bagi anti penuaan. "Saya ingin lebih memastikan, bahwa keyakinan tersebut memang benar. Sebab yang saya tahu, flavanols mengandung molekul yang mengganggu proses penyerapan sehingga menarik untuk diteliti lebih jauh, "kata Dr Carrie Ruxton.

Yang perlu diingat, lanjutnya, penikmat cokelat harus selalu menyeimbangkan manfaat dan efek merugikan dari cokelat. Sebab peningkatan konsumsi cokelat akan berdampak pula pada peningkatan kalori dan lemak jenuh.