Olivia Culpo, Miss Universe 2012, saat dianugerahi mahkota oleh Miss Universe 2011.
Merupakan duta kewaspadaan kanker payudara yang gemar bermain cello.

Miss USA Olivia Culpo kini resmi menyandang gelar Miss Universe 2012. Penganugerahan gelar dan mahkota ajang pencarian perempuan tercantik sejagat tersebut dilaksanakan di Planet Hollywood, Las Vegas, AS, Rabu (19/12).

Culpo adalah perempuan berusia 20 tahun asal Amerika Serikat yang hobi bermain cello ini juga merupakan duta untuk kewaspadaan terhadap kanker payudara. Culpo, perempuan berambut cokelat yang berdomisili di Rhode Island, AS ini dianugerahi gelar Miss Universe setelah mengalahkan 88 kontestan lain yang berasal dari beragam negara di dunia.

Mengenakan ballgown berbahan beludru berwarna merah muda dan berlengan panjang, Culpo menerima mahkotanya. Sejak diselenggarakan 60 tahun lalu, ini adalah kali kedelapan kontestan Miss USA meraih gelar ini.

Posisi kedua, alias runner-up Miss Universe, ditempati oleh Janine Tugonon, perempuan berusia 23 tahun yang berasal dari Filipina. Sementara posisi ketiga, atau second runner-up, diisi oleh Miss Venezuela, Irene Sofia Esser Quintero.

Culpo mengambil tempat pendahulunya, Miss Universe tahun lalu, Leila Lopes, yang merupakan perempuan pertama asal Angola yang memegang gelar ini.

Culpo dianugerahkan mahkota Miss Universe setelah menjawab 5 pertanyaan terakhir dari panel juri yang terdiri dari 10 orang. Salah satu pertanyaan yang dilontarkan kepada Culpo adalah, bila ia dilahirkan kembali, hal apa yang tak ingin ia lakukan kembali, ia menjawab, "Mengganggu adik-adik saya yang sedang bertumbuh."

Setelah mendapat mahkota ini, Culpo akan berkeliling dunia selama setahun ke depan sebagai duta Miss Universe Organization dan lembaga amal yang ia inginkan.

Kontes ini disiarkan langsung dari hotel dan kasino di Las Vegas, Planet Hollywood, dan ditonton oleh setidaknya 1 miliar penonton di 190 negara. Sebelum dimulai, acara ini sempat mengambil waktu untuk mengheningkan cipta untuk mendoakan 20 anak dan 6 staf sekolah yang tewas dalam penembakan massal di SD Sandy Hook, Connecticut yang terjadi pada hari Jumat (14/12) lalu.

Penulis: /WEB