Pasangan lansia sedang melakukan latihan ringan.

10 Penyebab Anda Cepat Tua

Pasangan lansia sedang melakukan latihan ringan. (Healthcaretips101)

Malas bergerak dan berpikir, serta gaya hidup yang tidak sehat membuat Anda 9cepat tua.

Penuaan merupakan proses alami yang tak bisa dihindari dan bisa terjadi lebih awal (dini) bila Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk.

Lantas, kebiasaan buruk apa saja yang bisa membuat Anda terlihat cepat tua? Berikut penjelasannya:

Malas Bergerak
Malas melakukan latihan fisik menyebabkan tubuh mudah lelah saat dipaksa untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Anda juga merasa bahwa Anda sudah tua dan tidak mampu melakukan berbagai kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang muda.

Malas untuk Berpikir
Sebuah studi sebelumnya mengatakan, bahwa demensia yang biasa menyerang lanjut usia (lansia) bisa diderita oleh orang-orang mudah usia 30-an. Para peneliti mengatakan, ini terjadi karena meningkatnya jumlah orang yang terlalu malas untuk berpikir.

Diet yang Buruk
Saran untuk makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan makanan bergizi lainnya sering direkomendasikan para ahli gizi untuk menjaga kesehatan Anda. Jika Anda mengabaikannya, tentu saja Anda akan rentan terhadap penyakit dan sistem kekebalan tubuh pun akan menurun bahkan memburuk seperti orang tua.

Sering Stres
Stres adalah salah satu hal yang membuat Anda cepat tua. Untuk menghindari hal ini, jangan ragu untuk bermeditasi atau mengikuti kelas yoga sebelum depresi mempengaruhi kondisi fisik Anda.

Berpikir Negatif
Hampir sama seperti stres, berpikir negatif juga membuat Anda cepat tua. Jadi mulai sekarang Anda harus lebih sering berpikir positif dan selalu bersyukur atas apa yang telah Anda raih atau miliki.

Konsumsi Minuman Alkohol
Banyak peneliti mengatakan bahwa alkohol baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Namun bila diminum berlebihan akan berdampak pada kondisi kesehatan dan membuat Anda terlihat cepat tua.

Perokok Aktif dan Pasif
Asap rokok tak hanya buruk bagi perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Selain membahayakan kesehatan paru, juga dapat mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu sebaiknya Anda berhenti merokok bagi perokok aktif, dan bagi yang tak merokok menjauhlah dari komunitas perokok.

Polusi
Polusi merupakan salah satu pemicu yang membuat Anda cepat tua. Zat-zat beracun yang terkandung di dalamnya selain berdampak buruk bagi kesehatan, juga bisa mempercepat proses penuaan.

Obat-obatan Tertentu
Apakah Anda mengonsumsi pil tidur bila kesulitan tidur? Hentikan kebiasaan itu sekarang juga. Mengapa? Karena obat-obatan tertentu, termasuk pil tidur bisa mempengaruhi kesehatan Anda yang pada gilirannya membuat kulit Anda terlihat cepat tua.

Riwayat Keluarga
Beberapa jenis penyakit yang diwariskan oleh orangtua memang sulit untuk dihindari. Namun  Anda dapat menurunkan risiko tersebut dengan gaya hidup sehat. Perubahan gaya hidup mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mental, yang membuat Anda awet muda.