5 Kejaiban Madu untuk Tubuh

Madu mengandung banyal manfaat bagi tubuh (Zeenews)

Oleh: | Minggu, 18 November 2012 | 20:32 WIB
Dikenal sebagai antiseptik alami bagi tubuh

Madu dikenal sebagai salah satu vitamin untuk wajah. Dengan menggunakannya sebagai masker, wajah menjadi lembut dan bercahaya. Tetapi, manfaat madu jauh lebih besar dari perkiraan orang.

Madu menyimpan banyak manfaat lain untuk kesehatan dan dikenal sebagai antiseptik alami bagi tubuh. Kandungan zat antioksidan di dalamnya juga bisa menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Berikut 5 kehebatan madu bagi tubuh:

1.Anti kanker
Madu mengandung flavonoids dan antioksidan yang membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Kandungan karsinogen dalam madu bisa mencegah aneka tumor.

2.Mengurangi berat badan
Tidak seperti gula, selain kalori, madu mengandung vitamin dan mineral. Madu bisa dijadika obat alami untuk mengurangi berat badan. Jus lemon ditambah dengan sedikit madu di pagi hari diyakini bisa memerangi selulit.

3.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan zat antioksidan yang terdapat dalam madu dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan tubuh dan membantu tubuh tetap sehat. Madu juga mampu menghilangkan zat radikal bebas dalam tubuh.

4.Mengurangi batuk dan radang tenggorokan
Madu mengandung zat-zat anti mikrobakteri yang mampu meredakan radang dan membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi tenggorokan.

5.Menghalau bakteri dan jamur
Zat antiseptik dalam madu berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri dan menjaga tubuh bebas dari infeksi. Madu sering digunakan untuk pertolongan pertama jika seseorang terluka atau terbakar guna menghindari terjadinya infeksi.


Sumber: Zeenews
ARTIKEL TERKAIT