Motivator muda sukses Merry Riana presenter talkshow "The Merry Riana Show" di Radio Sonora 92 FM Jakarta.

Jakarta - Hanya lilin yang sudah menyala yang bisa menyalakan lilin-lilin lainnya. Hanya orang yang sudah terinspirasi yang bisa menebarkan inspirasi kepada orang-orang di sekitarnya.

Demikian pernyataan motivator wanita termuda di Asia dan Indonesia dalam sebuah live talkshow di Radio Sonora, FM 92 Jakarta, bertajuk "The Merry Riana Show". Program yang mulai tayang perdana pada 11 Januari 2013 lalu ini disiarkan langsung setiap hari Jumat pukul 07.00-08.00 WIB dan diputar ulang pada Selasa malam 19.00-20.00 WIB.

Wanita yang telah menghasilkan buku nomor 1 National Best Seller "Sejuta Dolar" hanya dalam waktu 1 bulan setelah terbit itu ingin menciptakan dampak positif pada kehidupan 1 juta orang, terutama orang Indonesia lewat program inspiratif.

”Dalam talkshow ini saya menampilkan tamu-tamu luar biasa yang membagikan kisah nyata mereka yang inspiratif dengan membahas nilai-nilai kehidupan, seperti ketekunan berusaha, perjuangan, rasa bersyukur, berbagi, dan sebagainya. Kita bisa menjalani kehidupan sepenuhnya dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Merry Riana di gedung Radio Sonora, Jakarta, baru-baru ini.

Dalam program tersebut, Merry dan bintang tamu yang menjadi narasumbernya akan memberikan tips motivasi dan menjawab pertanyaan pendengar tentang kebahagiaan, kesuksesan, keluarga, hubungan, dan berbagi dengan sesama. Tamu yang pernah di acara talkshow Merry adalah Irwan Hidayat, CEO Sido Muncul tentang membangun usaha, mantan Presiden RI BJ Habibie yang berbicara kekuatan cinta, dan tokoh-tokoh lain dari kalangan artis, pemusik, dan profesi lainnya.

Pendiri Merry Riana Organization itu ingin menebarkan inspirasi tidak hanya dari pemikirannya saja, tetapi juga dari bukti nyata kehidupan dari orang di sekitar. Siapa pun yang punya kisah inspiratif, baiknya patut dicontoh, diteladani, dan dibagi kepada masyarakat luas.

”Selama ini tanggapan dari para pendengar Sonora sangat positif, baik dari follower saya di media sosial seperti Twitter, komentar-komentar di radio, pesan singkat, dan email. Mereka mendengarkan dan termotivasi saat mendengar serta dapat menjalani hari jadi lebih positif, baik di kehidupan pekerjaan maupun di sekolah yang tak mudah putus asa,” ungkap Merry yang juga melakoni profesi sebagai trainer itu.

Ditegaskan Merry, ia tak hanya bicara teori saja, tapi bukti nyata yang telah dialaminya. Begitu juga dengan bintang tamu yang menampilkan pandangannya dalam menjalani hidup, baik saat mengalami gagal hingga menuju tangga kesuksesan. Lewat program "The Merry Riana Show", ia berharap para pendengar dapat bangkit dan mewujudkan mimpi-mimpinya.

”Kalau saya saja bisa, bintang tamu bisa, orang lain bisa, kenapa kita sendiri tidak? Ini bukan sekadar teori tapi bukti nyata yang terjadi sesungguhnya. Lewat program ini, pendengar yang ingin bercerita baik saat kegagalan atau kesuksesan, dapat langsung berinteraksi dengan kami. Kadang setelah talkshow di radio, pendengar juga komentar lewat Twitter,” jelas Merry.

Ubah Cara Pandang
Kegagalan itu pasti ada bagi siapapun. Namun, yang penting adalah menyadari kegagalan itu hanya sebuah pembelajaran. Ketika kita mengetahui saat-saat sulit bersifat sementara waktu, maka jangan lama-lama dengan kesedihan dan ambil sisi positifnya guna bangkit lebih cepat.

”Banyak orang ingin mengubah hidupnya. Sebenarnya tidak sulit mengubahnya, bahkan mudah. Caranya, ubahlah cara pandang Anda terhadap hidup. Hanya dengan mengubah cara pandang, sesuatu itu bisa berubah. Bukan karena tak ada rintangan kita optimistis, tetapi justru karena optimistis, rintangan itu tidak terasa. Bukan karena hal itu mudah maka kita yakin bisa, tetapi justru karena kita yakin bisa maka hal itu jadi mudah,” urai perempuan kelahiran 29 Mei 1980 itu.

Hal penting lainnya adalah, jangan menunggu sukses dulu baru bersyukur, tetapi bersyukurlah maka sukses itu akan datang. Jadi hal-hal mudah ini dapat membawa perubahan pada hidup seseorang. Semua itu tidak terjadi secara instan, namun butuh proses dalam kesuksesan.

Senada dengan itu, Radio Group Director Sonora Yohanes Yudistira menilai, karena kisah inspiratif sosok Merry Riana, ia menawarkan program rutin di radio. Hasilnya, banyak respon positif terhadap talkshow ini.

Diakui Yohanes, anak-anak muda sangat mengemarinya, meski awalnya mereka tak pernah mendengar radio. Kini anak muda menjadi pendengar setia Sonora. Mereka mendengarkan saat berkendara menuju ke tempat pekerjaan karena siaran langsung di pagi hari.

”Bahkan setelah acara selesai pada Jumat pagi, banyak yang minta hasil rekaman tersebut. Maka kami pun memberikan siaran ulang pada Selasa malam. Namun, nanti hasil dari siaran tersebut, akan kami buatkan daam bentuk buku berjudul 'The Merry Riana Show',” ungkap dia.

Yohanes menilai, Merry merupakan sosok yang inspiratif, karena sebagai anak muda yang mau bekerja keras dan pantang menyerah. Hal inilah yang disebarkan ke masyarakat luas dengan jaringannya yang telah mencapai 22 kota dan akan bertambah terus.

”Ini salah satu program unggulan di Sonora. Maka kami akan promosikan terus, bahkan ke depannya, radio-radio yang bukan jaringan kami juga berencana merilis program ini. Sekarang acara ini menjadi sorotan para pendengar acara yang muda dan segar dengan sosok Merry yang kreatif,” terang Yohanes.

Suara Pembaruan

Penulis: H-15/NAD

Sumber:Suara Pembaruan