Sherene Azli

Senyum yang Memberikan Perubahan Positif

Sherene Azli. (Istimewa)

Oleh: Nasori / AB | Kamis, 5 Oktober 2017 | 13:42 WIB

Dalam pemahaman masyarakat modern saat ini, pilihan menjadi wanita karier sudah sangat lazim dilakukan perempuan di berbagai belahan dunia, termasuk di Asia Tenggara. Namun, pekerjaan dan kewajiban di keluarga menuntut usaha ekstra dari para wanita karier untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Hal ini juga dialami Chief Executive Officer (CEO) Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), Sherene Azli. Menjadi seorang CEO dari sebuah instansi pemerintah bukanlah hal mudah untuk dijalani. Totalitas dan dedikasi yang tinggi sudah pasti menjadi tuntutan untuk profesi yang sedang digelutinya.

“Sebagai seorang ibu yang bekerja, saya meyakini bahwa mencari keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga merupakan kunci dari hidup yang sedang saya jalani,” ujar Sherene Azli di Jakarta, baru-baru ini.

Sherene Azli percaya bahwa kebaikan dan aura positif yang ditebarkan seseorang akan kembali kepada dirinya. “Jika seseorang dapat memberikan perubahan yang baik terhadap orang lain, perubahan tersebut akan kembali kepada dirinya,” tuturnya.

Yang pasti, Sherene Azli adalah perempuan yang memegang teguh nilai-nilai dan filosofi hidup. Nilai-nilai tersebut memberikan dampak yang besar terhadap keputusan-keputusan yang sehari-hari ia ambil, baik secara personal maupun profesional.

Ada satu hal dalam diri Sherene Azli yang jarang dimiliki orang lain, yakni kebiasaan membuat orang tersenyum. Bagi eksekutif ini, senyuman juga mampu memberikan perubahan positif kepada orang lain. Bahkan, senyuman sesungguhnya adalah sedekah.

“Ada ungkapan 'tersenyumlah sejenak dan dunia akan tersenyum kepadamu’. Ungkapan ini menjadi inspirasi bagi saya. Saya memang suka membuat orang tersenyum. Dan, saya harus yang pertama tersenyum kepada orang lain,” ucapnya.

Sherene memiliki definisi sendiri tentang kesuksesan. “Kesuksesan merupakan sebuah perjalanan dan tidak dapat didefinisikan oleh jabatan, tempat, atau tujuan. Saya masih memiliki perjalanan panjang yang harus ditempuh, masih banyak yang perlu saya pelajari dan amati,” katanya.

Seseorang, menurut Sherene, baru bisa dianggap sukses bila ia mampu memberikan perubahan yang positif pada semua hal yang dilakukannya. “Barulah itu dapat dikatakan telah mencapai kesuksesan dalam hidup. Tetapi itu bukanlah akhir dari segalanya. Seharusnya sebagai seorang Muslim, sukses itu untuk dunia dan akhirat juga,” tegasnya.

Sherene Azli juga meyakini semua kesuksesan dan prestasi hanya bisa dicapai dengan niat yang benar. Maka, sebelum melakukan sesuatu, seseorang harus memiliki niat yang tulus demi kemaslahatan.

“Bila seseorang memiliki ketulusan dalam niatnya, ia akan terinspirasi oleh pikiran dan bimbingan yang benar. Segalanya pada akhirnya akan jatuh pada tempatnya. Ini tentang keseimbangan yang tepat, antara hati dan pikiran,” ujar Sherene. Berikut wawancara dengannya.

Apa yang Anda rasakan ketika pertama kali menginjakkan kaki di sebuah negara?
Ketika bertemu sebuah kebudayaan yang baru, sama halnya seperti menginjakkan kaki di sebuah dunia yang seutuhnya baru, di mana kita bertemu dengan bahasa, aroma, warna, rupa, suara, dan masyarakat yang sangatlah berbeda dengan apa yang kita temui sebelumnya. Hal itu tentunya mengubah hidup Anda pada titik tertentu. Itu semua merupakan hal yang sangat menarik dan menyenangkan, yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Menghargai semua orang dengan jalan hidup yang berbeda-beda merupakan hal yang penting di mana saat ini dunia semakin tidak terbatas ruang dan waktu. Plus sebagai seseorang yang menyukai alam bebas, saya memenuhi kebutuhan saya terhadap hal tersebut dengan memandangi panorama, rentang alam yang luar biasa indah, serta pemandangan yang menakjubkan.

Arti hidup menurut definisi Anda?
Bagi saya, hidup merupakan sesuatu yang sangat berharga. Saya sangat percaya bahwa jika seseorang dapat memberikan perubahan terhadap orang lain dalam arti positif, perubahan tersebut akan kembali kepada dirinya. Menjadi pembawa perubahan atau seorang dermawan dapat mengubah nasib seseorang, bahkan memberi perubahan pada dunia.

Apa filosofi hidup Anda yang memberikan dampak fundamental terhadap keputusan-keputusan yang Anda ambil?
Filosofi hidup saya adalah selalu berpegang teguh pada nilai-nilai yang dipercayai dan merupakan hal terpenting serta paling signifikan dalam hidup. Sesungguhnya nilai-nilai tersebut dapat mencerahkan pikiran, perkataan, maupun perbuatan kita. Nilai-nilai itu memberikan dampak yang besar bagi keputusan-keputusan yang sehari-hari saya ambil, baik secara personal maupun profesional.

Inspirasi dalam hidup Anda?
Anda ingat ungkapan "tersenyumlah sejenak dan dunia akan tersenyum kepadamu"? Ungkapan tersebut menjadi inspirasi bagi saya. Saya memang suka membuat orang tersenyum. Dan sayalah yang harus pertama tersenyum kepada orang lain. Senyuman juga mampu memberikan perubahan positif kepada orang lain. Sesungguhnya senyuman itu adalah satu sedekah.

Arti sukses bagi Anda?
Bagi saya, kesuksesan merupakan sebuah perjalanan dan tidak dapat didefinisikan oleh tempat tujuan atau jabatan. Ketika kita dapat memberikan perubahan yang positif pada semua hal yang ada dalam setiap hal yang kita lakukan, barulah dapat dikatakan kita telah mencapai kesuksesan dalam hidup. Namun, itu bukanlah akhir dari segalanya. Seharusnya sebagai seorang Muslim, sukses itu untuk dunia dan akhirat juga.

Dalam kehidupan, saya yakin bahwa semua kesuksesan dan prestasi kita dimulai dengan niat yang benar (nawaitu). Tentukan niat yang benar itu dengan kuat di dalam hati kita. Bila seseorang memiliki ketulusan dalam niatnya, ia akan terinspirasi oleh pikiran dan bimbingan yang benar. Segalanya pada akhirnya akan jatuh pada tempatnya. Ini tentang keseimbangan yang tepat, antara hati dan pikiran.

Anda sudah merasa sukses?
Perjalanan hidup masih panjang dan berliku. Saya masih memiliki perjalanan panjang yang harus ditempuh. Masih banyak yang perlu saya pelajari dan amati.

Kunci sukses menurut Anda?
Kunci sukses terletak pada kekuatan yang mendukung Anda. Saya beruntung mendapat dukungan dari tim yang kuat, dapat dipercaya, dan dapat diandalkan, yang memiliki kepercayaan, nilai, dan kesesuaian dengan tujuan saya. Saya juga diberkati dengan cinta dan pengertian dari keluarga saya, terutama suami dan anak-anak saya, dorongan mereka, dan iman yang utuh.

Arti tim bagi Anda?
Kepada tim saya, saya selalu mengatakan bahwa kita menang bersama-sama. Memang benar, semakin kuat kita sebagai sebuah tim, kesuksesan akan semakin memuaskan. Kita juga dapat mengarungi masa-masa indah yang jauh lebih baik.

Makna yang Anda petik dari posisi Anda sebagai CEO perempuan?
Sebagai seorang ibu pekerja, saya sangat meyakini pentingnya mencari dan mempraktikkan keseimbangan yang tepat antara keluarga dan pekerjaan. Hal itu juga berlaku bagi saya sebagai seorang CEO sebuah instansi pemerintah.

Kuncinya adalah mencari keseimbangan antara karier dan keluarga dalam usaha saya mencari cara yang paling efisien bagi keduanya. Secara garis besar, saya selalu dituntut untuk dapat mebuat keputusan yang tepat dan fokus pada prioritas saya.

Sebagai contoh, sesibuk-sibuknya menjalani karier, saya harus meluangkan waktu untuk keluarga setiap hari dan juga memperuntukkan masa libur bersama mereka setiap masa cuti sekolah. Anak-anak dan suami kebetulan memiliki hobi yang sama, yaitu jalan-jalan. Maka kami akan sentiasa mencari peluang untuk melihat negara-negara luar dan mempelajari budaya-budaya asing sambil berlibur.

Kiat Anda untuk tetap bugar dan bebas stres?
Saya sangat menghargai pentingnya menjaga waktu tidur. Saya menyadari bahwa terpenuhinya waktu tidur memegang peran penting bagi kesehatan dan kesejahteraan.

Terpenuhinya kualitas dan waktu tidur dapat menjaga kesehatan jasmani dan rohani saya serta dapat meremajakan tubuh serta pikiran. Dengan terpenuhinya waktu tidur, pikiran pun menjadi lebih tajam, mudah untuk melahirkan ide-ide, membantu mencerahkan berbagai hal, dan menjadi penyemangat bagi saya untuk menyelesaikan semua pekerjaan.

Saya sangat meyakini bahwa pentingnya waktu tidur tidak sekadar untuk meningkatkan suasana hati dan menghilangkan lingkaran hitam yang ada di kelopak mata Anda, namun juga merupakan elemen penting dari gaya hidup sehat.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT