Erlyanie

Berbisnis Kosmetik Tanpa Riba

Berbisnis Kosmetik Tanpa Riba
Pengusaha kosmetik Erlyanie ( Foto: Ist / Ist )
Mardiana Makmun / MAR Minggu, 9 September 2018 | 17:50 WIB

Jakarta - Ketika manusia sudah menyerahkan segalanya pada Allah SWT dan mengikuti aturan yang ditentukan, tak ada yang tak mungkin, Allah bisa saja memudahkan urusannya. Erlyanie mengalaminya. Berbisnis tanpa riba, ia memulai dari berjualan online untuk aneka produk--seperti kosmetik, herbal, panci, hingga pakaian dalam--dan kini perempuan muda itu menjadi entreprenuer di industri kosmetik.

Merek kosmetik, B ERL Cosmetics, yang dimiliki sekaligus diluncurkannya pada tahun 2017 lalu telah tersebar ke seluruh Indonesia. Bahkan, dalam setahun, penjualan B ERL Cosmetics sudah hampir menyentuh satu juta unit.

Tak hanya concern pada mutu produk, Erlyanie memiliki misi dan misi mengutamakan kebermanfaatan dan keberkahan bagi sebanyak-banyaknya sesama manusia.

“Bisnis B Erl Cosmetics saya jalankan tanpa riba karena mengharapkan keberkahan dari Allah SWT. Artinya, modal 100% murni dari tabungan pribadi saya,” kata Erlyani baru-baru ini di Jakarta.

Untuk membesarkan bisnisnya, Erlyanie mengandalkan konsep penjualan langsung. Antara lain, lewat member, distributor, agen, dan reseller. Saat ini, jumlah member lebih dari 7.100 member yang tersebar di wilayah Indonesia, hingga sejumlah negara, seperti Hong kong, Saudi Arabia, dan Singapura. “Saat masih berjualan online, saya memiliki 7 grup BBM dengan masing-masing 2 ribu anggota. Itu jadi modal saya membesarkan B Erl,” jelas Erly.

Untuk menjadi distributor yang kini jumlahnya mencapai 215, member harus membeli 10 ribu piece produk. Sedangkan agen 500 piece produk dan reseller 5 piece produk. Produk kosmetiknya menyasar target market kelas A, B, dan C, baik wanita muda maupun ibu-ibu muda, dengan harga produk di kisaran Rp 85 ribu hingga Rp 350 ribu.

Dalam menjalankan bisnisnya, ia menerapkan prinsip heart selling yang dinamakan Berlway.“Heart selling bernama Berlway berprinsip dalam mempromosikan produk B ERL Cosmetics, para mitra penjual dilarang melakukan black campaign kepada kompetitor. Sebaliknya, menawarkan produk karena dilandasi niat untuk membantu calon konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Termasuk, saling support antara member layaknya keluarga, tanpa merasa bersaing satu sama lain," papar Erly.

Adapun rangkaian produk yang saat ini dimiliki B ERL Cosmetics adalah paket perawatan wajah B ERL Intense Lightening Series, Beauty Advanced Lip Treatment, Beauty Lip Matte Cream, Make Up Remover The Make Up Eraser, dan yang terbaru Fine & Fairness Cream. Fine & Fairness Cream adalag base make up yang ringan namun memiliki fungsi sebagai skincare dengan manfaat antioksidan yang mengandung vitamin E dan C serta UV sunscreen dan lightening.

"Semua produk kami sudah bersertifikasi BPOM dan aman bagi ibu hamil serta menyusui," tandas Erlyanie.



Sumber: Investor Daily
CLOSE