Rianti Rhiannon Cartwright

Jakarta - Aktris berdarah Sunda Inggris, Rianti Cartwright, mengaku cinta terhadap seni budaya lawak Indonesia. Hal itu dibuktikannya saat tampil bersama grup lawak legenda, Srimulat. Ia berada dalam satu plot dengan Tessy, Mamiek, Kadir, Gogon dan Djudjuk.

Ia mengaku tak mudah untuk memerankan sosok Astrid Lyanna dalam film berjudul “Finding Srimulat”. Ia harus beradegan lepas tanpa skenario pada film terbarunya dengan para pelawak. Karena itu, mantan VJ MTV itu sempat ragu menerima tawaran film arahan sutradara berbakat, Charles Gozali.

“Awalnya aku agak deg-degan, karena mereka pelawak. Aku juga main sama legenda Indonesia, bisa enggak yah? kalau aku mati gaya gimana. Malah aku enggak dikasih dialog. Nah kalau ditagih lagi revisi-revisi. Untungnya akhirnya lancar-lancar saja dan mereka semua mendukung," katanya di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (2/4).

Bermain tanpa dialog bagi wanita kelahiran Bandung, 22 September 1983 hal itu menjadi tantangan tersendiri baginya. Walaupun demikian, ia sempat khawatir. Tetapi akhirnya kembali optimis dan percaya diri yakin bisa melaluinya.

Rianty yang selalu memainkan karakter serius sempat tergoda dengan beberapa candaan personel Srimulat. Saat ia harus beradegan melahirkan pun, dirinya dituntut untuk tetap serius di tengah candaan teman-teman Srimulat.

”Jelas saya butuh tantangan. Aku juga percaya diri, pasti sedikit was-was, tapi pada akhirnya bisa-bisa aja. Pasti beda, dan mungkin waktu itu aku kan perannya serius, mana ada adegan mau lahiran, mereka malah ngelawak. Adegan saya kebetulan banyak di dalam rumah, karena kan Astrid yang saya perankan posisinya sedang hamil 8 bulan,” jawab perempuan bernama lengkap Rianti Rhiannon Cartwright itu.

Diakui peran yang paling sulit adalah ketika harus menghampiri Reza Rahadian dalam kondisi marah-marah dan murka. Sementara lawan mainnya itu sedang melakukan pertunjukan bersama Srilmulat.

”Saya berkali-kali ulang karena tidak tahan ketawa. Saya sampai lelah harus mengulang adegan yang sama. Saya juga lelah tertawa terus, apalagi film Finding Srimulat ini memang memiliki tagline 'Selamatkan Indonesia Dengan Tawa'. Jadi ya tertawa terus. Srimulat memang legendaris, baik di dalam layar kaca atau diluarnya,” ucap aktris pemeran film Ayat-Ayat Cinta itu.

Film yang memadukan perbedaan gaya berperan serta seni lawak pada era yang cukup jauh ini pun diacungi jempol oleh Rianti. Baginya hal tersebut sukses menyentuh hati para penonton saat menyaksikannya.

"Saya rasa film ini bagus sekali. Charles Gozali patut diacungi jempol karena keberaniannya melahirkan kembali budaya Indonesia yang sangat brilian seperti Srimulat. Bersanding dengan pelawak-pelawak senior dalam sebuah film merupakan kehormatan di perjalanan karier saya. Finding Srimulat berhasil buat saya tertawa sampai nangis,” tutup Rianti.

Suara Pembaruan

Penulis: H-15/FMB

Sumber:Suara Pembaruan