Film Sang Kiai

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji film "Sang Kiai", sebuah film sejarah yang mengisahkan tentang tokoh pergerakan nasional KH Hasyim Asyari yang merupakan kakek Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Pada hari ini, SBY bersama Ibu negara dan beberapa menteri serta tokoh Nadhlatul Ulama menyaksikan pemutaran film tersebut di Epicentrum XXI, Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta.

"Dengan kegigigihan pengorbanan dan persatuan luar biasa, Indonesia kita merdeka," kata presiden usai menonton film besutan sutradara Rako Prijanto itu di Kuningan, Jakarta, Senin (20/5).

Presiden menyampaikan kegigihan dan pengorbanan pun masih dibutuhkan pada masa kini untuk menegakkan kedaulatan negara serta memelihara kesatuan bangsa. Melalui sejarah ini, menurut presiden, masyarakat bisa  belajar memahami perjuangan kemerdekaan selain mengenal para pejuang kemerdekaan, ulama, para pemimpin politik hingga prajurit.

"Kita sekali lagi mendapatkan banyak pelajaran mulai dari sosok ulama besar kita yang penuh dengan wisdom, visi dan strata karena yang almarhum lakukan mengandung makna kebesaran," katanya.

Penulis: Ezra Sihite/AF