Blue Is the Warmest Color: The Life of Adele, mendapatkan penghargaan film terbaik Cannes

Cannes, Perancis - Film romantis mengenai sepasang lesbian karya Abdellatif Kechiche berjudul "Blue Is the Warmest Color: The Life of Adele" keluar menjadi pemenang Palme d'Or, penghargaan tertinggi Festival Film Cannes.

"Film ini menceritakan tentang kehidupan pemuda Perancis yang sangat indah. Film ini mengajarkan saya banyak hal tentang semangat kebebasan," ujar Kechiche.

Film ini dibintangi oleh Adele Exarchopoulos dan Lea Seydoux.

Exarchopoulos memerankan seorang gadis 15 tahun yang hidupnya berubah ketika dia jatuh cinta dengan perempuan yang lebih tua, yang diperankan oleh Seydoux.

Film berdurasi tiga jam ini menjadi ramai dibicarakan karena durasinya yang panjang, adegan seks yang jelas, dan terutama karena berhasil mempesona penonton mengenai cerita tumbuh dewasa.

Steven Spielberg, yang menjadi ketua dewan juri, mengatakan bahwa "film ini adalah kisah cinta yang luar biasa. Kita merasa terhormat karena dapat menyaksikan cerita cinta dan patah hati yang begitu dalam".

Sementara itu film "Inside Llewyn Davis", mendapatkan penghargaan Grand Prix, penghargaan kedua paling prestisius di Cannes.

Aktor terbaik jatuh ke Bruce Dern atas perannya dalam film "Nebraska", sebuah film karya Alexander Payne mengenai perjalanan ayah dan anak.

Berenice Bejo mendapatkan penghargaan aktris terbaik atas perannya dalam film "The Past."

Sutradara terbaik jatuh kepada Amat Escalante untuk film "Heli".

Penghargaan Jury Prize jatuh ke "Soshite Chichi Ni Naru (Like Father, Like Son) drama yang dibuat oleh Kore-Eda Hirokazu.

Penulis: Faisal Maliki Baskoro/FMB

Sumber:CBS