Sutradara Jose Purnomo.

Jakarta - Sutradara Jose Poernomo bangga dengan apresiasi industri perfilman luar negeri usai film garapannya, "308", tampil di ajang Screamfest Horror Film Festival, di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada 8-17 Oktober lalu.

"Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, film yang kita kerjakan ini berhasil menarik perhatian publik di sana. Saat pemutaran di AS, film '308' mendapatkan sambutan dari penonton dan penyelenggara sampai membuka pertunjukan tambahan dari pelaku industri film. Mereka sangat apresiatif, karena mereka katakan suka secara spesifik bagian-bagian tertentu film ini," ungkapnya bangga di Jakarta, Rabu (6/11).

Bahkan, beberapa sutradara lain minta berfoto bersama rombongan film "308". Namun, saat yang paling bernilai menurut Jose, saat beberapa produser dan sutradara menanyakan trik dan biaya produksi untuk satu adegan di film "308", yakni bagaimana sosok Nyi Roro Kidul keluar dari lorong.

Hal itu dianggap adegan yang menyeramkan dan ditunggu-tunggu karena menjadi hal penting pada sebuah film horor.

"Lucu rasanya ada produser dan sutradara dari luar negeri mempertanyakan cara membuat adegan Nyi Roro Kidul muncul dari lorong, padahal selama ini justru pengin belajar dari mereka. Ini malah terjadi sebaliknya," ucap sutradara yang telah menghasilkan belasan film itu.

Ditambahkannya, kini film tersebut dapat disaksikan di seluruh dunia. Sebagai sutradara hal ini menjadi kepuasaan tersendiri.

Penulis: H-15/NAD