Pemeran film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Herjunot Ali (kedua kiri) dan Geisha Shandy (kiri) berbincang dengan mahasiswa saat menghadiri bedah buku dan film tersebut di FIB UI, Depok, Jabar, Kamis (7/11). Film berlatar tahun 1930-an yang diadaptasi dari novel fiksi terlaris karya sastrawan Buya Hamka berjudul sama tersebut akan dirilis pada 19 Desember 2013. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/

Jakarta - Bersiaplah melihat aktor Herjunot Ali di film terbarunya Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck yang diangkat dari novel legendaris mahakarya mendiang Buya Hamka terbitan 1938.

Film dibawah rumah produksi, Soraya Intercine Films, rencananya tayang di bioskop-bioskop Tanah Air pada 19 Desember mendatang. Ia beradu akting dengan Pevita Pearce dan Reza Rahardian.

Herjunot mengaku, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck merupakan film terberatnya selama enam film yang telah dijalani sejak 2004 lalu yakni Lovely Luna.

Namun masalah kuantitas, jangan dibandingkan dengan Reza Rahadian yang cukup lebih banyak dari dirinya.

“Saya bukan pilih-pilih film, tetapi apa yang saya perankan harus berbeda dengan sebelumnya. Ada yang saya tawarkan ke penonton atau penikmat film, karena mereka telah membayar tiket nonton. Jadi harus merasa terpuaskan dengan akting saya yang berbeda,” katanya pada acara Bincang Buku dan roadshow film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck di Auditorium FIB Universitas Indonesia, Kamis (7/11) bersama Balai Pustaka.

Film ini ber-setting zaman lawas sekitar era 1930-an. Sesuai novelnya, cerita film ini tentang kisah cinta Zainuddin yang terbalut masalah diskriminasi orang Minang terhadap keturunan campuran pada masa itu.

“Persiapan pembuatan film ini saja sudah lima tahun lalu. Tetapi baru dibuat sekarang, karena memang ada riset untuk melengkapi itu semua dan tampil sempurna. Proses syuting dilakukan beberapa kota seperti Padang, Medan, Batam, dan Makassar,” ungkap Junot.

Film berkisah tentang kasih tak sampai antara sosok pemuda tampan berdarah Minang-Bugis bernama Zainuddin diperankan Herjunot, dengan dara cantik Hayati (Pevita Pearce), perempuan yang murni keturunan Minang. Ia juga salah satu lawan mainnya pada film 5 Cm. Sementara Reza berperan sebagai Aziz.

Film ini disutradarai dan diproduseri oleh Sunil Soraya dan Donny Dhirgantoro (penulis novel 5 Cm) sebagai penulis skenarionya.

Teaser film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck juga sudah muncul di jejaring sosial Youtube. Sementara trailer-nya akan tayang dalam waktu dekat ini.

Suara Pembaruan

Penulis: H-15

Sumber:Suara Pembaruan