Cuplikan adegan film The Girl With the Dragon Tattoo; The Twilight Saga: Breaking Dawn-Part 1; serta J. Edgar.
Film-film mulai dari kisah nyata mantan direktur FBI, film bisu hitam-putih, adaptasi novel dan buku, hingga action dan boneka, siap mengisi dan memeriahkan masa liburan akhir tahun kali ini.

Periode akhir tahun kerap menjadi momentum dirilisnya film-film bagus yang banyak ditunggu. Hal ini terutama karena di banyak negara, khususnya lagi di Amerika Serikat (dengan Hollywood-nya), akhir tahun identik dengan musim liburan. Film-film tersebut tersebar di berbagai genre, mulai dari drama, action, fantasi, hingga animasi. Berikut 10 film yang masuk catatan tim Yahoo!Movie:

J. Edgar (jadwal rilis Amerika: 9 November)
Film ini bercerita tentang sosok kehidupan seorang J Edgar Hoover, direktur pertama FBI, orang yang konon paling ditakuti di Washington pada masanya. Dinilai berpotensi meraih penghargaan Oscar, film ini dibintangi Leonardo DiCaprio, serta disutradarai oleh Clint Eastwood.

The Twilight Saga: Breaking Dawn-Part 1 (rilis: 18 November)
Bagian pertama dari cerita terakhir Twilight, berisikan kisah yang jelas sudah ditunggu banyak pecinta serial ini, yaitu pernikahan Bella dan Edward. Kisahnya akan diwarnai mulai dari patah hatinya Jacob, bulan madu pasangan bahagia di Rio, hingga masa-masa kehamilan yang berisiko. Dan usai menonton ini, dipastikan "Part 2" pun akan secara tak sabar ditunggu oleh kalangan Twi-hards (penyuka Twilight).

The Artist (23 November)
Film yang tergolong unik dalam daftar ini sebenarnya, karena selain disutradarai oleh seorang sineas Prancis yang tak terkenal, ini adalah film bisu hitam-putih. Tapi begitulah kenyataannya, lantaran karya Michel Hazanavicius ini juga berpotensi meraih Oscar, setelah menjadi bintang di (festival film) Cannes dan Toronto.

The Muppets (23 November)
Ini jelas-jelas film hiburan untuk anak-anak dan keluarga, karena Kermit, Miss Piggy, Fozzie Bear dan kawan-kawannya, adalah boneka yang dikenal sebagai idola pada masanya. Ceritanya sederhana, terkait upaya untuk menyelamatkan teater tercinta mereka di LA, yang melibatkan juga aktor/aktris macam Amy Adams, Chris Cooper, hingga deretan nama selebriti lainnya sebagai cameo.

Shame (2 Desember)
Perhatian: film ini tidak untuk anak di bawah umur, karena termasuk film dengan rating NC-17 di AS. Dibintangi Michael Fassbender, film ini bercerita tentang seorang pekerja kantoran yang ketagihan seks. Kisahnya lalu berkembang ketika ia harus menjalani hidup bersama saudara perempuannya di apartemen. Seluk-beluk bagaimana sang tokoh mengatasi 'masalah sehari-harinya' itu, lantas menjadi fokus menarik di film ini.

Tinker, Tailor, Soldier, Spy (9 Desember)
John le Carre adalah seorang mata-mata [asli] yang pernah bekerja untuk MI5 (ya, agensinya James Bond!). Pensiun, ia pun menulis sejumlah novel berdasarkan pengalamannya itu. Salah satu yang terbaik adalah yang diangkat menjadi film ini, yaitu "Tinker, Tailor, Soldier, Spy". Sudah dirilis duluan di Inggris awal tahun ini, film ini dibintangi Gary Oldman yang bermain total, serta sederet aktor British lainnya macam Colin Firth, Tom Hardy, John Hurt, hingga Benedict Cumberbatch.

The Girl With the Dragon Tattoo (21 Desember)
Buku populer karya Steig Larsson kembali diangkat ke layar lebar, setelah adaptasi versi Eropanya dilakukan pertama kali pada 2009 lalu. Disutradarai David Fincher yang dipuji sebagai sosok paling cocok untuk pekerjaan ini, tokoh utama wanita film ini (Lisbeth Salanders) diperankan oleh Rooney Mara, aktris yang terakhir kali muncul sebagai mantannya Mark Zuckerberg dalam film The Social Network. Oya, jangan lupa juga, bintang utama prianya adalah Daniel Craig.

Mission: Impossible Ghost Protocol (21 Desember)
Dalam kisah keempat serial Mission: Impossible (MI) ini, Ethan Hunt dan kawan-kawan dipersalahkan terkait sebuah serangan teroris di Kremlin. Action-nya jelas tetap hebat, serta oleh sebagian orang malah dinilai punya nuansa tersendiri karena digawangi Brad Bird (sutradara film animasi keren macam The Incredibles dan Ratatouille). Ada adegan perkelahian di tengah badai debu yang terlihat mengagumkan, sebagai contoh. Juga, tentu saja, adegan sang tokoh utama yang diperankan Tom Cruise, menuruni gedung tertinggi dunia Burj al-Khalifa di Dubai.

The Adventures of Tintin (21 Desember)
Tahun 1994, sutradara kondang Steven Spielberg menyutradarai dua jenis film berbeda, untuk dua tujuan pula. Yaitu Jurassic Park yang asyik dan menghibur, serta Schindler's List yang serius dan mengundang banyak pembicaraan. Tahun ini juga demikian. Film di kategori pertamnya itu adalah The Adventures of Tintin, kisah dari komik yang meski mungkin tak begitu banyak dikenal di AS, namun sudah jadi ikon budaya di Eropa. Bekerjasama dengan Peter Jackson, Spielberg menggunakan bakat dan kemampuannya, yang didukung teknik film serta efek spesial tingkat tinggi, dalam mengemas film menyenangkan ini.

War Horse (25 Desember)
Lalu, adalah War Horse, film karya Spielberg lainnya, namun bertipe lebih serius. Film ini menggambarkan secara detil penggalan kekejaman dan trauma dari Perang Dunia I, melalui 'sudut pandang' seekor kuda yang harus dijual untuk kepentingan militer. Diadaptasi dari buku anak-anak berjudul sama, film ini dibintangi sejumlah nama beken macam David Thewlis, Emily Watson, juga Benedict Cumberbatch, serta sejauh ini mendapatkan ulasan (review) sangat positif.

Penulis: /SES

Sumber:Yahoo! Movie