Salah satu adegan dalam film Mother Keder

Banyak cerita film tentang ibu yang digambarkan dengan kisah sedih berurai airmata, namun di Mother Keder, kita menyadari bahwa surga (memang) ada di telapak kaki ibu, in a funky way.


Dikisahkan seorang perempuan yang mapan bernama Vivi (Qory Sandioriva) yang tengah mengalami problem asmara. Kekasihnya ketahuan berselingkuh. Hingga akhirnya rencana untuk menikah pun gagal total. Vivi juga harus menerima kenyataan, jika adiknya, Dinda (Jill Gladys) justru telah merencanakan naik pelaminan bersama pria yang dicintainya.


Selain mengalami konflik asmara, Vivi pun terbelit masalah di kantor sehingga ia memutuskan untuk mengundurkan diri. Vivi kemudian kembali ke rumah dan berurusan dengan keluarganya, terutama ibunya (Ira Maya Sopha) yang 'ajaib'.


Selain Ira Maya Sopha, Qory Sandioriva, dan Jill Gladis, film bertema drama komedi itu juga didukung Pong Hardjatmo (Papi), Yoga Prasetya (Valdy), Zahra Nurani (Inka), Yati Surachman (Nenek), dan Athoy Herlambang (Bayu).


Film Mother Keder diambil dari buku yang ditulis Viyanthi Silvana atau yang akrab disapa Vivi. Vivi merupakan Putri Indonesia 2001 untuk kategori Putri Fotogenik. Menurut Eko Nobel, sang sutradara, dirinya sudah tertarik untuk membuat film dari buku Vivi, sebelum terbit di pasar, tahun 2007. Setelah mendapatkan persetujuan Vivi, Eko kemudian mempercayakan penulisan skenario film kepada Reka Wijaya.


Memang tidak mudah untuk mengadaptasi cerita di buku untuk membuat alur cerita yang linier apalagi dengan konsep yang lebih mirip sketsa sitkom. Namun Reka berhasil menuangkannya dalam sebuah skenario dengan unsur komedi yang pas dan tidak berlebihan.


Eko sendiri yang telah berpengalaman menyutradarai program Sitkom, merasa tertantang untuk membuat film Mother Keder.


Ira Maya Sopha, sebagai tokoh utama dalam film ini, juga memberikan 'nyawa' bagi Mother Keder, dengan celetukannya yang dapat mengundang tawa. Qori pun demikian. Meski ini merupakan film pertama sebagai pemeran utama, namun Qori sepertinya sudah menyatu dengan tokoh Vivi yang diperankannya.


Meski terasa ringan, namun film ini memberikan pelajaran tentang sosok seorang ibu dengan beragam kekurangan dan kelebihannya. meski terlihat konyol di beberapa adegan yang dilakoni Ira Maya Sopha, namun tidak mengesampingkan kehormatan seorang ibu.

Penulis: