Sutradara Guillermo del Toro Berjaya di Festival Film Venesia

Sutradara Guillermo del Toro. (NYTimes)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Minggu, 10 September 2017 | 16:11 WIB

Venesia - Sutradara Meksiko, Guillermo del Toro, berhasil memenangkan penghargaan Golden Lion untuk kategori film terbaik di ajang Festival Film Venesia lewat karyanya The Shape of Water.

Film karya del Toro tersebut, berhasil mengalahkan sejumlah pesaing lainnya, termasuk film Suburbik besutan George Clooney dan Downsizing karya Alexander Payne dalam ajang festival film yang disebut berkualitas tinggi dan bertabur bintang papan atas.

Menurut kalangan kritikus film, Festival Film Venesia sekarang memiliki pijakan yang sama dengan Cannes dalam hal pemilihan film yang berkualitas.

"Sebagai seorang Meksiko, saya ingin mempersembahkan hadiah ini kepada setiap sutradara muda dan pembuat film asal Meksiko atau Amerika Latin, yang sedang bermimpi melakukan sesuatu dalam genre film yang fantastis," kata del Toro.

Untuk posisi runner-up dan mendapatkan hadiah Grand Jury diraih oleh film Foxtrot karya Samuel Maoz dari Israel. Sementara, Xavier Legrand dari Prancis terpilih sebagai sutradara terbaik lewat film drama Jusqu'a la Garde (Custody).

Aktris Charlotte Rampling menerima penghargaan aktris terbaik untuk penampilannya dalam film Hannah. Sementara, Kamel El Basha dari Palestina menyabet penghargaan aktor terbaik untuk perannya dalam The Insult.




Sumber: NYTimes
ARTIKEL TERKAIT