Poster film Gending Sriwijaya.
Bercerita tentang perebutan kekuasaan kerajaan-kerajaan kecil pasca runtuhnya Sriwijaya.

Sutradara handal Hanung Bramantyo kembali menghadirkan sebuah tontonan apik bagi penggemar film kolosal di Indonesia. Film yang berjudul Gending Sriwijaya ini dibintangi oleh sejumlah bintang ternama seperti Slamet Rahardjo, Jajang C Noer, Sahrul Gunawan, Agus Kuncoro dan Julia Perez.

"Film ini bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, film ini spenuhnya didukung oleh pemerintah provinsi Sumsel, budget film ini menggunakan sebagian dari APBD provinsi Sumsel," ujar Sutradara Hanung Bramantyo dalam konperesi pers pemutaran film Gending Sriwijaya" di Platinum XXI FX Senayan, Sabtu (5/1).

Hanung menjelaskan film ini berseting di abad 16, tiga abad setelah keruntuhan Sriwijaya di mana muncul kerajaan kerajaan kecil yang saling berebut kekuasaan. Menurut dia film ini mencoba kembali mengangkat sosok heroin dari sejarah Sumatera Selatan. Hanung mengatakan sosok heroin dalam film ini diperankan oleh Julia Perez.

Hanung mengatakan film ini merupakan film bertema sejarah atau kolosal. Menurut dia, dalam proses pembuatan film ini tidak gampang terutama dalam hal mengarahkan pemain dalam mengucapkan logat dan bahasa Palembang.

"Dalam pembuatan film ini tidak gampang. Mulai dari kostum, dan tentunya bagaimana pemain dalam film ini bisa berbahasa Palembang dengan lancar serta logatnya harus benar," ujar dia.

Agus mengatakan dalam film ini penonton akan melihat sosok lain dari Julia Perez yang selama ini dikenal masyarakat hanya sebagai aktor spesialis film horor. Menurut dia, dalam film ini Jupe sangat berbeda dan bermain sangat total.

"Kalau menonton film ini Jupe berantem, berkelahi pokoknya beda lah," ujar dia.

Hanung mengatakan film ini akan beredar di bioskop bioskop seluruh Indonesia pada 10 Januari 2013.

Penulis: